Queen Elizabeth II dan Cahaya Islam di Britania Raya

Queen Elizabeth II  dan Cahaya Islam di Britania Raya

--

 Di Britania Raya, Islam diriwayatkan telah masuk sejak era Ratu Elizabeth I di abad ke 16. Saat itu, Ratu Elizabeth I banyak menjalin kerjasama dengan Kesultanan Ottoman Turki. 

Namun di era Ratu Victoria, nenek buyut Ratu Elizabeth II lah, terjadi perkembangan muslim di monarki itu secara fenomenal. Bahkan Ratu Victoria pun diceritakan dekat dengan sosok pelayannya yang seorang muslim asal India bernama Abdul.

 Kisah ini telah diangkat melalui film yang dirilis pada 2014 lalu berjudul “Victoria and Abdul”. 

Dalam film yang diangkat dari kisah nyata itu, digambarkan betapa Abdul telah mengubah pandangan Ratu Victoria terhadap Islam. Abdul bahkan juga mengenalkan sang Ratu dengan ayat-ayat Alquran.

Sejumlah media di Maroko baru-baru ini merilis silsilah monarki Inggris dari garis keturunan Nabi Muhammad SAW. 

Dari silsilah itu, Ratu Elizabeth II disebutkan adalah keturunan ke-43 Nabi Muhammad SAW. Penguasa Inggris dan persemakmuran itu disebutkan adalah keturunan langsung dari Zaida, pada beberapa literatur lain disebut bernama Isabella, putri muslim yang berasal dari Seville, Spanyol.

 Putri Zaida  ini adalah keturunan dari Fatimah, putri Nabi Muhammad SAW. Keturunan dari Putri Zaida inilah yang kemudian menikah dengan Earl of Cambridge, nenek moyang Ratu Elizabeth II,  dari abad ke-14.  

 Meski belum ada konfirmasi langsung dari pihak monarki terhadap hal ini, namun yang jelas, istana Buckingham telah memberi ruang yang begitu luas terhadap muslim di sana. Terutama Ratu Elizabeth II. Walikota London juga bahkan dijabat seorang muslim asal Pakistan, Shadiq Khan. 

Bahkan sejak sebelum dinobatkan sebagai ratu, Elizabeth pernah membuat heboh saat wanita lembut namun pemberani itu mengenakan jubah dan busana yang mirip dengan busana muslimah pada 1946.

Foto Elizabeth berhijab inilah yang menghiasi jagad media sosial saat netizen memprotes kebijakan Perancis yang melarang pengenaan hijab.

 ”Bahkan seorang calon Ratu Inggris pun berhijab, mengapa Perancis melarang hijab?” begitu protes netizen.


--

 Ratu Tanpa

Gelar Sarjana

 Melihat kecerdasan dan kepercayaan dirinya, banyak yang tidak menyangka jika Ratu Elizabeth II justru tidak memiliki gelar sarjana. Sejak kecil, Elizabeth menjalani homeschooling. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: