Taklukkan Jeram-Jeram Ekstrem di Sungai Musi Empat Lawang

Taklukkan Jeram-Jeram Ekstrem di Sungai Musi Empat Lawang

Tim ekspedisi melintasi jeram-jeram Sungai Musi Kabupaten Empat Lawang.-Hendro-

SUNGAI MUSI di wilayah Kabupaten Empat Lawang mempunyai daya tarik tersendiri. Arus yang deras dan banyak jeram, sangat cocok untuk wisata arung jeram

Musim hujan, Sungai Musi semakin ekstrim, semakin deras dan jeram-jeram semakin banyak. Menambah tantangan dan keseruan para pecinta olahraga arus deras (orad)

Tim dari Mapala UIN Raden Fatah Palembang bersama KPA Sospala Empat Lawang melakukan ekspedisi arung jeram di sepanjang Sungai Musi.

Titik star di Muaro Lintang, Kecamatan Pendopo. Tim yang beranggotakan enam orang dari Mapala UIN, Koko, Fuji, Raung, Sonya, Alara, Eti dan dua pemandu dari KPA Sospala, Wahyu dan Mei.

BACA JUGA:Bule Amerika Jajal Objek Wisata Belanting Desa Kelumpang OKU

"Sebelum ekspedisi, Kami persiapan fisik dan teori dulu di kampus UIN," ujar Koko, ketua Tim.

Tiba di Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang yang berselogan "Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati", tim latihan selama dua hari di Sungai Musi, kawasan Jambatan Musi II.

"Tim melakukan latihan langsung ke sungai. Mulai dari cara angkat perahu, pompa perahu, cara dayung, body rafting dan lainnya," katanya. 

Tim harus tahu dulu dasar-dasar arung jeram atau rafting untuk mencegah hal yang tak diinginkan saat di sungai. Karena Sungai Musi di Empat Lawang ini arusnya sudah deras.

BACA JUGA:Air Terjun Beteri, Objek Wisata Alam yang Masih Perawan di OKU Selatan

"Grade atau tingkat kesulitan Sungai Musi ini antara 4 dan 3. Bisa berubah tergantung cuaca dan musim hujan," kata Fuji yang merupakan atlet arung jeram Palembang.

Ekspedisi dilakukan dua hari, Rabu, 31 Agustus 22) dan Kamis, 1 September 2022. Dari titik star di Muaro Lintang tim menggunakan dua perahu karet meunuju Desa Canggu dengan jarak sekitar 11 km atau sekitar tiga jam.

Tiba di Desa Canggu, istirahat dan flying camp untuk persiapan arung jeram esok hari. 

"Desa Canggu warganya ramah dan kami disambut baik oleh Pak Kades disana," kata Fuji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: