10 Satelit China Buru Sinyal Zaman Kegelapan Semesta

10 Satelit China Buru Sinyal Zaman Kegelapan Semesta

--

Karena tidak bisa melepaskan diri dari lingkungan zaman kegelapan, cahaya tidak dapat melakukan perjalanan keluar melintasi alam semesta untuk menabrak detektor di Bumi, hampir 13 miliar tahun kemudian.

Mencoba mengintip ke masa kegelapan itu pun bak mencoba melihat bola lampu melalui kabut tebal dan gelap.

Namun demikian, menganalogikannya dengan Zaman Kegelapan di Bumi sekitar tahun 500 hingga 1000 Masehi yang kemudian menggerakkan Renaisans, zaman kegelapan kosmik pun merupakan masa transformasi besar.

"Periode ini istimewa karena menandai transisi antara alam semesta yang sangat sederhana dan [sekaligus] sangat kompleks," kata Avi Loeb, astronom di Pusat Astrofisika Harvard-Smithsonian.

"Lubang hitam, bintang neutron, bahkan kehidupan akhirnya di sini di Bumi, akarnya ditanam di zaman kegelapan. Jika kita ingin memahami dari mana kita berasal, dari situlah cerita dimulai," lanjutnya.

Meski begitu, para ilmuwan masih mencari lokasi dan cara transisi yang tepat. Para astronom juga masih bertanya-tanya mengapa kita tidak dapat melihat cahaya apa pun dari objek yang bersinar selama zaman kegelapan.

"Waktu yang dibutuhkan sebuah foton untuk melepaskan diri [hidrogen] lebih lama dari usia alam semesta," jelas Bahram Mobasher, profesor fisika dan astronomi di University of California, Riverside.

Artinya, cahaya tidak dapat menjangkau kita seberapa lama pun kita menunggunya tiba.

Zaman kegelapan tidak berlangsung selamanya. Alam semesta menjadi transparan terhadap sinar UV usai pembentukan bintang dan galaksi pertama (beberapa ratus juta tahun setelah Big Bang).

Beberapa bintang pertama sangat besar dan terang, cahayanya cukup energik untuk menjatuhkan elektron dari atom hidrogen di sekitarnya dalam proses ionisasi. Hidrogen yang terionisasi tidak menyerap atau menyebarkan cahaya seperti hidrogen netral.

"Bintang dan galaksi pertama terbentuk, dan cahayanya membawa alam semesta keluar dari zaman kegelapan," tandas Mobasher.(can/lth/cnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: