Gubernur Sumsel : Jangan Memutas atau Menyetrum Ikan di Sungai

Gubernur Sumsel : Jangan Memutas atau Menyetrum Ikan di Sungai

Gubernur Sumsel H Herman Deru ikut memancing di TWA Punti Kayu, minggu (7/8). -Edy Handoko-

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Gubernur Sumsel H Herman Deru, mengajak seluruh masyarakat Sumsel untuk menjaga ekosistem dan kelestarian ikan di sungai.

Ajakan itu disampaikan Deru saat menghadiri lomba mancing yang diadakan Angler Sumsel Fishing Club (ASFC), di Taman Wisata Alam (TWA) Punti Kayu Palembang, Minggu (7/8). 

"Memancing adalah salah satu pola yang sehat untuk mencari ikan," ujar.

Dikatakan, selama ini masyarakat yang sering salah dalam menangkap ikan. Salah satunya dengan cara memutas atau menyetrum ikan di sungai. Sangat disayangkan karena dapat membunuh biota didalamnya.

BACA JUGA:Gubernur Sumsel Berencana Keluarkan SK Penetapan Harga Sawit

"Jangan sampai memutas atau menyetrum ikan," tegasnya.

Menurutnya, ekosistem dan pemeliharaan ikan gabus khususnya sudah sangat jarang ditemukan. Padahal, ikan gabung merupakan salah satu bahan pokok yang digunakan untuk membuat makanan khas Palembang yakni, pempek.

"Jika tidak dijaga, maka lama kelamaan akan mengalami kepunahan," tambahnya. 

Untuk itu, Deru megajak masyarakat untuk mensosialisasikan menjaga ekosistem dan memelihara kelestarian ikan di sungai. Menabur benih ikan di sungai. 

“Akan lebih baik jika satu ikan yang didapat maka seribu benih ikan yang ditabur. Mari Kita jaga ekosistem ikan yang ada sungai," imbuhnya.(edy)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: