Imigrasi Palembang, Akan Berikan Pelayanan Terbaik Untuk Jemaah Calon Haji 2022

Imigrasi Palembang, Akan Berikan Pelayanan Terbaik Untuk Jemaah Calon Haji 2022

--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Menghadapi pelaksanaan ibadah haji tahun 2022, Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas I TPI Palembang, Mohammad Ridwan pada Rabu (8/6) mengatakan pihaknya akan berikan pelayanan terbaik untuk keberangkatan dan kepulangan Jemaah calon haji embarkasi dan debarkasi Palembang .

“Telah membentuk tim serta menyiapkan skema keberangkatan dan kepulangan jamaah. Jumlah anggota tim sebanyak 50 orang yang terbagi menjadi 3 grup, diketuai oleh Kasi Lantaskim, Adep Yoenoes, Kasubag Tata Usaha, Yovita MahendraKasih, Kasubsi Informasi Keimigrasian, Eka Puryati”, ungkap Ridwan.

Menurut Kakanim Ridwan, jumlah Jemaah haji tahun ini sebanyak 3.232 orang yang merupakan Jemaah yang telah tertunda keberangkatannya sejak tahun 2020 s.d 2021. pembuatan paspor nya telah dilakukan pada tahun tersebut.

Namun, lanjut Ridwan terdapat beberapa penambahan pembuatan paspor seperti Jemaah yang menggantikan kuota keberangkatan orang tuanya yang telah meninggal dunia atau telah berusia diatas 65 tahun.

BACA JUGA:Jamaah Haji Kabupaten OKI Sumsel Mulai Bergeser ke Madinah

Jemaah calon haji asal Sumsel dijadwalkan akan berangkat pada 25 Juni 2022 mendatang melalui keberangkatan embarkasi Palembang. Selain itu, kata Ridwan ada juga jemaah yang berasal dari Provinsi Bangka Belitung yang keberangkatannya melalui embarkasi Palembang.

“Para jemaah calon haji asal Sumsel ini akan tiba di asrama haji sehari sebelumnya, yakni 24 Juni 2022”, kata kakanim Palembang Ridwan.

Mengenai mekanisme Pemeriksaan Paspor Jemaah Haji, Ridwan menjelaskan pada tanggal 25 Juni, pukul 01:35 WIB, Petugas imigrasi sudah tiba di asrama Haji untuk melaksanakan Pemeriksaan dan peneraan cap keberangkatan Paspor Jemaah Haji. Sebelumnya kata Ridwan Paspor sudah dikumpulkan secara kolektif oleh petugas dari Kementrian Agama Provinsi Sumsel.

“Dengan pengumpulan paspor secara kolektif menghindarkan antrian jemaah dalam pemeriksaan keimigrasian”, ungkapnya.

BACA JUGA:30 Akseptor Dapatkan Pelayanan KB Gratis

Ridwan menambahkan, 1 jam sebelum keberangakatan, paspor yang sudah diterakan cap keberangkatan oleh petugas imigrasi di kembalikan lagi ke pada calon jemaah haji yang sudah datang menunggu di dalam ruang tunggu keberangakatan di asrama haji.

“Setelah paspor dipastikan sudah berada di tangan para calon jemaah Haji, calon jemaah haji siap diberangkatkan menuju bandara SMB 2 Untuk pemberangkatan Kloter 1 Embarkasi Palembang”, kata Ridwan.

Untuk memberikan kenyamanan para jemaah saat pembagian paspor yang sudah dilakukan pemeriksaan dan sudah diterakan cap keberangkatan oleh petugas imigrasi, petugas imigrasi juga memberikan sosialisasi kepada jemaah agar dapat menyimpan paspornya dengan baik sehingga tidak jadi permasalahan setibanya di arab saudi dan selama melaksanakan ibadah haji.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Pengantin Pria yang Tak Kunjung Datang ke Pelaminan Ditangkap Polisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: