Sawit Belum Panen Ditanami Jagung

Sawit Belum Panen Ditanami Jagung

Lahan sawit yang ditamani jagung di Desa Air Enau, Kecamatan Rambang Dangku, Muara Enim. foto: istimewa--

SUMEKS.CO, MUARA ENIM – PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) kembali memperluas Program Makmur yang diinisiasi oleh PT Pupuk Indonesia bersama Kementerian BUMN.

Pusri berkerja sama dengan PT Indoditas Duta Raya melaksanakan pembinaan pada petani di Desa Air Enau, Kecamatan Rambang Dangku, Kabupaten Muara Enim Provinsi, Sumsel, yaitu dengan mengajak petani untuk memanfaatkan lahan sawitnya (tanaman sawit belum menghasilkan) dengan menanami komoditas jagung, Rabu (6/7).

Hadir pada acara ini VP Agrosolution, Prima Novandino Sharma, unsur forkopimda setempat serta kelompok tani di Desa Air Enau.

Disampaikan Prima Novandino Sharma bahwa dengan adanya penanaman jagung ini diharapkan dapat menambah penghasilan bagi petani sebelum sawit panen buah perdana. Program Makmur sendiri merupakan ekosistem yang bermanfaat bagi petani karena dapat menghubungkan petani dengan project leader, asuransi, Lembaga keuangan, teknologi pertanian, pemerintah daerah, BUMD, BUMN, dan produsen agro input hingga jaminan ketersediaan pupuk non subsidi. 

"Melalui program ini petani akan diberikan pupuk sesuai kebutuhan, mendapatkan kawalan teknologi budidaya dan pemupukan berimbang sehingga dapat meningkatkan hasil produksi sampai 20-30 persen," kata Prima Novandino. 

Ketua Kelompok Tani Enau Jaya Sariono menyatakan bahwa dengan menggunakan pupuk non subsidi Pusri jagung yang belum panen memberikan hasil produksi yang baik dan memuaskan. Karena memenuhi target petani dengan mendapatkan 7 ton GKP.

“Harapan kami melalui Program Makmur ini serta bersama PT Indoditas Duta Raya dapat menjadi motivasi bagi petani khususnya petani di Desa Air Enau untuk mendapatkan penghasilan tambahan, sebelum tanaman sawit mereka panen," terang Prima.

“Serta Pusri sebagai perusahaan dengan Visi Menjadi Perusahaan Agroindustri Unggul di Asia siap mendukung dan membantu petani dalam meningkatkan produktivitas pertanian. Agar petani menjadi sejahtera dan Makmur secara berkelanjutan," tutup Prima. (ril/dom)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: