H-5 Jelang Hari Raya Idul Adha, Mulai Periksa Kesehatan Hewan Kurban

H-5 Jelang Hari Raya Idul Adha, Mulai Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Pedagang hewan kurban di Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan.-Niskiah-

SUMEKS. CO, KAYUAGUNG - Hari raya idul adha atau kurban masih satu pekan, petugas Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) akan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang dijual oleh sejumlah pedagang. 

"Tim kita akan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada hewan kurban di sejumlah pedagang mulai H-5 nanti. Kalau sekarang belum, karena belum ramai yang jual," terang Kepala Disbunnak OKI, Ir Imlan Kairum melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Sadi Purwanto SP MSi, Jumat (1/7). 

Dia menjelaskan, kalau mendekati lebaran haji pedagang hewan kurban sudah banyak. Sehingga oleh petugas bisa langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan khususnya hewan jenis kambing dan sapi. 

Nantinya, sambung dia, setiap hari petugas berkeliling ke sejumlah pedagang hewan kurban melakukan pemeriksaan. Dalam hal pemeriksaan kesehatan untuk hewan kurban adalah fisiknya sehat dan tidak boleh cacat serta memang telah masuk kurban umurnya.

"Bila petugas kita menemukan hewan yang sakit atau cacat maka pedagang tidak diperbolehkan menjualnya. Tetapi biasanya pedagang sudah paham dan jarang menjual hewan kurban yang cacat maupun sakit," jelas Sadi. 

Dia menambahkan, selain melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di pedagang, juga mengawasi daging kurban di masjid-masjid yang telah disembelih nantinya. Ini bertujuan mengetahui kebersihan dari daging kurban. (nis) 

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: