Direkorat TPPU BNN Sita Tanah Bangunan Milik Pelaku Narkotika Jaringan Malaysia-Palembang dan Aceh-Palembang

Rabu 09-10-2024,07:47 WIB
Reporter : edho
Editor : Edward Desmamora

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Badan Narkotika Nasional (BNN) RI mengungkap peredaran narkoba dalam jumlah besar sekaligus tindak pidana pencucian uang (TPPU) di Sumsel.

Pengembangan tindak pidana kepemilikan narkotika dengan TPPU ini merupakan pengungkapan jaringan Malaysia-Palembang dan jaringan Aceh-Palembang.

Adapun barang bukti yang berhasi disita Direktorat TPPU BNN RI yakni berupa tanah dan bangunan yang berada di kawasan Jalan Baypass, Kecamatan Alang-Alang Lebar (AAL) Palembang tak jauh dari gerbang komplek elit Citra Grand City (CGC) milik pelaku yang telah diamankan.

Kini barang bukti yang diamankan berupa tanah dan bangunan itu disita oleh Direktorat BNN RI.

BACA JUGA:BNNP Sumsel Musnahkan 13 Kilogram Sabu Senilai Belasan Miliar Rupiah Asal Malaysia dengan Cara Diblender

BACA JUGA:13 Kilogram Sabu Asal Malaysia Gagal Beredar di Sumsel, Barang Bukti Ditemukan BNNP di Lokasi Ini

Penyitaan itu berdasarkan surat perintah penyitaan Direktur TPPU BNN RI dengan Nomor Sprin-Sita/0066-TPPU/VII/2024/BNN tanggal 11 Juli 2024.

Selain itu, Surat Penetapan Pengadilan Negeri Palembang Nomor: 1406/PenPid-SITA/PN Plg tanggal 11 September 2024. 

Direktur TPPU BNN RI, Brigjen Pol Sabaruddin Ginting SIK terkait perihal tersebut membenarkan saat dikonfirmasi Selasa 8 Oktober 2024 malam.

Mantan Kapolresta Palembang ini mengungkapkan pengungkapan TPPU itu akan dirilis langsung pada Rabu 9 Oktober 2024 pagi ini di lokasi penyitaan.

BACA JUGA:1 Januari 2024, BNN Empat Lawang Temukan 1 Hektar Ladang Ganja, Ditanam di Sela Batang Kopi

BACA JUGA:Dicegat BNNP Sumsel, Dua Kurir Buang 5 Kilogram Sabu ke Jalintim Sungai Lilin, Gagal Masuk Palembang

"Iya, nanti akan dirilis langsung di lokasi penyitaan yang berada di AAL Palembang," ujar mantan Kabid Humas Polda Sumsel ini kepada SUMEKS.CO dalam pesan WhatsApp.

Sayangnya, Brigjen Pol Sabaruddin Ginting belum menyebutkan secara rinci siapa saja pemilik atau pelaku yang diamankan dari jaringan Malaysia Palembang dan Aceh Palembang yang memiliki narkotika dalam jumlah besar tersebut. 

Sebelumnya, sebanyak 13 Kilogram (Kg) narkotika jenis sabu-sabu asal Malaysia gagal diedarkan ke wilayah Sumatera Selatan.

Kategori :