2 Residivis Ganjal Mesin ATM di Palembang Dibekuk Usai Pulang Liburan di Jakarta

Senin 26-08-2024,18:12 WIB
Reporter : Deni Kurniawan
Editor : Edward Desmamora

Melihat ATM miliknya tersangkut, saat itu pelaku Benhar berpura-pura ingin membantu dengan agar korban melakukan transaksi tanpa menggunakan atau memasukkan kartu.

Nah, saat korban memasukan kode pin pelaku Syarif mengintip dari belakang dan menghapalnya setelah itu saat korban masih kebingungan pelaku Benhar langsung berpura-pura kembali menolong dengan meminjam kartu ATM korban.

"Lalu, menukarkannya tanpa sepengetahuan korban dengan kartu ATM lainnya yang mirip dengan ATM milik korban," ujarnya.

BACA JUGA:Manfaatkan Kelemahan Perbankan di Indonesia, Bule Rusia Nekat Bobol Mesin ATM di Palembang, Begini Modusnya

BACA JUGA:Modus Ganjal Tusuk Gigi Exit Shutter Mesin ATM Marak, Pelaku Belajar dari YouTube, Emak-emak Wajib Waspada Ya!

Setelah berhasil mendapatkan kartu ATM korban kedua pelaku langsung pergi dari lokasi menuju mesin ATM lainnya lalu menguras sejumlah saldo korban senilai hampir Rp40 juta lebih.

Pelaku Ternyata Residivis Kasus yang Sama

"Kedua pelaku merupakan residivis kasus yang sama," terangnya.


Polisi meringkus 2 pelaku residivis spesialis ganjal mesin ATM usai pulang liburan di Jakarta.-Foto: Deni Kurniawan/sumeks.co -

Sementara, Kanit Pidum dan Tekab 134 Polrestabes Palembang AKP Robert P Sihombing menerangkan penangkapan kedua pelaku berawal dari penyelidikan yang dilakukan jajarannya.

BACA JUGA:Waspada Skimmer di Lubang Mulut Mesin ATM, Pakar Siber Ini Punya Tips

BACA JUGA:Begini Pengakuan Oknum Polisi yang Gagal Bawa Kabur Mesin ATM Berisi Rp500 Juta

"Begitu mengetahui kedua pelaku baru turun dari pesawat usai melakukan perjalan atau liburan dari hasil uang kejahatannya, kami yang sebelumnya sudah memantaunya dari jauh langsung melakukan penangkapan," terangnya.

Keduanya turun dari pesawat, lanjut AKP Robert sempat berpisah tidak menaiki mobil yang sama.

"Dimana pelaku Syarif kami tangkap di dalam sebuah mobil pribadi yang ditumpanginya saat dalam perjalanan pulang ke rumahnya di Palembang, sedang pelaku Benhar kami tangkap di sebuan hotel berbintang di kawasan Jalan Basuki Rahmat Palembang," ungkapnya.

 

Kategori :