Nakes Gadungan Ke Ciduk! Kedoknya Terbongkar Usai Jual Obat Abal-abal ke Warga

Minggu 21-07-2024,20:31 WIB
Reporter : Aqda
Editor : Rahmat

BANYUASIN, SUMEKS.CO - Tiga orang yang diduga sebagai tenaga kesehatan gadungan diamankan oleh warga di Desa Indrapura, Kecamatan Muara Sugihan, Banyuasin, Sumatera Selatan, pada hari Sabtu 20 Juli 2024 sorre.

Ketiga orang tersebut diamankan setelah warga curiga dengan gerak-gerik mereka yang mencurigakan.

Ketiga pria yang mengaku sebagai tenaga kesehatan Puskesmas di salah satu kecamatan di Banyuasin tersebut pada awalnya begitu meyakinkan warga sekitar. 

Penampilan dan penyuluhan yang meyakinkan, serta penggunaan seragam/baju dinas puskesmas, menjadi faktor utama yang membuat ketiga pria tersebut mudah dipercaya oleh warga di Banyuasin.

BACA JUGA:Netizen Gercep Ganti Uang Pak Engkos Pedagang Tahu di Sukabumi Terkena Hipnotis di Kampung Babakan Cisarua

BACA JUGA:Membuka Kunci Masa Depan: Geoportal Satu Peta 2.0 Diluncurkan, AHY Optimis Dorong Investasi

Kecurigaan warga terhadap ketiga pria yang mengaku sebagai tenaga kesehatan puskesmas di Banyuasin tersebut memang beralasan.

Karena ketiganya menjual obat kepada masyarakat usai melakukan telah memberikan penyuluhan tentang manfaat tanaman obat dan pemeriksaan kesehatan kepada warga.

"Jadi ada yang curiga dan mengganjal, salah satunya menjual obat kepada masyarakat,"kata dr Yosrizal Kepala Puskesmas Margomulyo, Minggu 22 Juli 2024.

Langkah yang tepat diambil oleh warga yang mendapatkan informasi melalui grup Puskesmas pada Kamis 18 Juli 2024 untuk segera berkoordinasi dengan Puskesmas Daya Utama.

BACA JUGA:Tinjau Progres Pembangunan Tol Kapal Betung, Pj Gubernur Elen Setiadi : Akhir 2024 Rampung

BACA JUGA:Set Ketiga Tanpa Pemain Asing, Palembang Bank Sumsel Babel Sukses Juara Ketiga Proliga 2024

Hal ini menunjukkan kewaspadaan dan kepedulian warga terhadap potensi penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Saya menanyakan apakah ada nakes dari Puskesmas Daya Utama ditugaskan ke Desa Indrapura melakukan kegiatan kesehatan kepada masyarakat,'ungkapnya.

Konfirmasi dari Kepala Puskesmas Daya Utama yang menyatakan tidak ada nakes yang ditugaskan ke Desa Indrapura pada saat itu, memperkuat kecurigaan warga terhadap ketiga pria yang mengaku sebagai tenaga kesehatan puskesmas.

Kategori :