Angka Konsumsi Ikan di OKU Timur Meningkat, Capai 51,42 kg per Kapita

Senin 24-06-2024,15:53 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

OKU TIMUR, SUMEKS.CO - Angka konsumsi ikan di Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan mengalami peningkatan. 

Hal itu disampaikan Ketua TP PKK OKU Timur dr Sheila Noberta SpA MKes, saat mengelar lomba masak serba ikan, di Belitang OKU Timur, beberapa hari lalu. 

"Jadi selama 4 tahun terakhir, angka konsumsi ikan di Kabupaten OKU Timur mengalami peningkatan yang cukup baik, dimana pada tahun 2020 masih 46,61 kg/kapita/tahun dan tahun 2023 mencapai 51,42 kg/kapita/tahun," kata dr Sheila. 

Menurut Ketua TP PKK OKU Timur, meningkatnya angka konsumsi ikan di Kabupaten OKU Timur tidak terlepas banyaknya promosi dan sosialisasi yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur. 

BACA JUGA:Muara Enim Raih Status Bebas Malaria dari Kemenkes RI

BACA JUGA:Bupati-Wakil Bupati OKU Timur Hadiri Penutupan Paripurna, Bahas LKPJ 2023

Seperti yang dilakukan Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Kabupaten OKU Timur bersama TP PKK OKU Timur menggelar lomba masak serba ikan. 

Lomba itu, dalam rangka membangun kreativitas dan motivasi untuk gemar makan ikan. 

"Ikan sangat baik bagi kesehatan masyarakat dan pada akhirnya dapat membantu pemerintah dalam pencegahan stunting dan kesehatan anak," ujarnya. 

Tidak hanya itu, kata dr Sheila, Pemkab OKU Timur juga senan tiasa memberi bantuan kepada Poklahsar (Kelompok Pemasaran dan Pengolahan Perikanan) baik itu berupa sarana dan prasarana maupun pembinaan kelompok dan program lainnya.

BACA JUGA:Lapas Narkotika Muara Beliti Perkuat Sinergi di Forum Dilkumjakpol dan BNN

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Siapkan Pelayanan Keimigrasian untuk Kepulangan Haji

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU Timur Yuni Haryanto SST MM, menyampaikan bahwa Diskanak terus berupaya meningkatkan konsumsi ikan di Kabupaten OKU Timur.

Diskanak sendiri memiliki program, yang disebut Arakut Sumali. Yakni Gerakan Warga OKU Timur Seuneng Mangan Lawuh Iwak. 

"Gerakan ini bertujuan membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan dan dilaksanakan melibatkan seluruh elemen masyarakat," tutupnya.

Kategori :