Hati – Hati Terhadap Orang yang Hobi Forward Pesan yang Dilarang dalam Islam, Ini Ciri – Cirinya!

Jumat 08-12-2023,14:20 WIB
Reporter : Ernanda Evana
Editor : Rappi Darmawan

Dalam QS. Al – Hujurat : 12, Allah ta’ala berfirman “Wahai orang – orang yang beriman, jauhilah banyak prasangka! Sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa. Janganlah mencari – cari kesalahan orang lain dan janganlah diantara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada diantara kamu yang suka memakan bangkai saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik! Bertakwalah kepada Allah! Sesungguhnya, Allah Maha Penerima Tobat lagi Maha Penyayang.”

Dalam ayat tersebut, ditafsirkan bahwa Allah tidak hanya menegur orang – orang yang melakukan namimah atau adu domba saja. Tapi juga menyinggung manusia yang melakukan fitnah, ghibah dan perilaku buruk lain lewat lisan dengan tujuan memecah belah hubungan. 

Perlu dicatat juga bahwa pelaku yang “hobi” forward pesan atau tukang adu domba memiliki ciri – ciri sebagai berikut. Ciri – ciri ini dijelaskan oleh Ustadz Khalid Basalamah yang memiliki 2,74 juta subscriber.

Video youtube @Khalid Basalamah Official yang diunggah lima tahun lalu ini ditonton sebanyak 14 ribu kali. 

BACA JUGA: Jenis-Jenis Penyakit Hati Ini Resikonya Tidak Main-Main, Nomor 6 Sering Dilakukan Tanpa Sadar!

1.Mudah Bersumpah. 

Disebutkan dalam QS. Al Qalam : 10 yang berbunyi : “Dan janganlah kamu berdebat untuk membela orang – orang yang mengkhianati dirinya. Sungguh Allah tidak menyukai orang – orang yang selalu berkhianat dan bergelimang dosa” 

Lewat ayat tersebut, Allah menegaskan perkara larangan mengikuti orang yang banyak bersumpah lagi hina. 

Para ulama sepakat mengenai ciri pertama pengadu domba ialah mudah bersumpah. Ustadz Khalid menjelaskan bahwa orang yang terlalu banyak bersumpah maka ia akan menjadi orang yang hina.  

BACA JUGA: Macam – Macam Kebahagiaan di Kehidupan Manusia, Ustadz Adi Hidayat : Dunia Sukses, Akhirat Sukses

Orang – orang seperti ini sedikit – sedikit akan melakukan sumpah, sekalipun tidak ada hubungannya dengan jawabannya. “Misalnya seseorang ditanya. “Kamu sudah makan?”,

“Demi Allah, sudah” “Kamu datang jam berapa?” Lalu orang tersebut menjawab “Demi Allah, jam empat”. Orang kalau sudah terbiasa sumpah, hina dia. Karena seakan – akan dia pun tidak percaya dirinya sendiri” ungkap Ustadz Khalid Basalamah. 

2.Banyak Mencela dan Kesana – Kemari Menghambur Fitnah.

Ciri – ciri kedua ini disebutkan dalam QS. Al – Qalam di ayat 11. Ciri orang – orang yang suka mengadu domba ini adalah suka mencela orang lain. Ustadz Khalid memberikan saran agar menghindari orang – orang dengan ciri ini. 

BACA JUGA:Shalat Terus, Maksiat Jalan, Emang Boleh? Dengar Nasehat Ustadz Adi Hidayat Berikut

“Kalau antum ketemu sama orang. Dari awal ketemu dan kenalan yang dia sebutkan keburukan orang. Itu sudah ciri orang namimah. Jangan jadikan sahabat.” tutur Ustadz Khalid Basalamah. 

Kategori :