Hati – Hati Terhadap Orang yang Hobi Forward Pesan yang Dilarang dalam Islam, Ini Ciri – Cirinya!

Jumat 08-12-2023,14:20 WIB
Reporter : Ernanda Evana
Editor : Rappi Darmawan

Orang – orang seperti ini akan banyak mencela orang lain dan menganggap semua orang selalu salah dimatanya. 

Orang dengan “hobi” men-forward pesan ini perilakunya setiap hari hanya menghambur fitnah. Orang – orang yang hobi mengadu domba tidak sadar kalau sedang menyebarkan fitnah. 

3.Banyak Menghalangi Perbuatan Baik dan Melampaui Batas dalam Berbuat Dosa

BACA JUGA:Doa Nabi Sulaiman Agar Cepat Kaya dan Mudah Taklukkan Hati Seseorang, Pasti Diijabah dan Makbul

Orang – orang yang gemar mengadu domba akan selalu menghalangi orang – orang yang ingin berbuat baik. Ustadz Khalid Basalamah bahkan menyebutkan orang – orang yang memiliki “hobi” mengadu domba merupakan “syaithan manusia”. 

Orang dengan ciri namimah termasuk ke dalam orang – orang yang banyak berbuat dosa. Ciri – ciri ini disebutkan pada kelanjutan ayat QS. Al – Qalam : 12.

4.Kaku, Kasar dan Terkenal Kejahatannya

Pelaku adu domba memiliki ciri – ciri yang kaku, kasar dalam ucapannya, sering melontarkan kata – kata kotor, tidak santun dan sopan. Sebagian ulama mengatakan bahwa beberapa hal diatas merupakan ciri – ciri namimah. Orang yang “hobi” mengadu domba terkenal akan keburukannya.

BACA JUGA:Islam Juga Mengajarkan Cara Mendidik Anak Usia Dini Lewat Story Telling, Ini Penjelasannya!

5.Selalu Bicara Masalah Harta

Percakapan orang – orang yang gemar mengadu domba selalu berujung pada masalah harta. Orang – orang seperti ini sibuk mencari cara bagaimana mengumpulkan harta dan menghitung – hitungnya.

Dalam penjelasan QS. Al Humazah : 2, orang – orang yang senang mengadu domba sibuk mengumpulkan harta dan menghitung – hitungnya. 

Kemudian pada ayat ketiga, orang – orang yang “hobi forward” pesan atau dalam artian mengadu domba ini mengira jika hartanya akan mengekalkan kehidupannya selama di dunia.

BACA JUGA:9 Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW Saat Menghadapi Masalah Besar Dalam Hidup

Selanjutnya dijelaskan oleh Ustadz Khalid Basalah mengenai ayat 4-9 pada QS. Al Humazah membahas hukuman atau konsekuensi orang – orang yang “hobi forward” pesan atau mengadu domba. 

Ketika telah mengetahui ciri – ciri orang yang “hobi forward” pesan dalam islam atau mengadu domba ini maka sebisa mungkin setiap muslim dapat menghindari akhlaq tidak terpuji ini yang tergolong dalam dosa besar.(*)

Kategori :