Wow! Untuk Bikin 1 Pound Warna Merah pada Makanan, Ternyata Butuh 70.000 Serangga Karmin Loh!

Selasa 03-10-2023,12:18 WIB
Reporter : Hetty
Editor : Zeri

Berdasarkan mazhab Imam Syafi'i, jikalau bangkai dikumpulkan dengan sengaja, lalu dikonsumsi itu tidak boleh. Dalam hal ini Imam Syafi'i sangat ketat berpendapat. 

"Mazhab Syafi'i, kalau sudah jadi bangkai ya bangkai. Dimaafkan di air, tapi tidak pada makanan," terangnya. 

Ketika orang bermazhab Imam Syafi'i yang menyebutkan bahwa karmin adalah najis dan tidak boleh dimakan, itu sangat wajar. 

BACA JUGA:1 Kilogram Pewarna Merah, Butuh 70 Hingga 80 Ribu Ulat Karmin

Jika merujuk pada mazhab Imam Maliki, haruslah memperhatikan waktu mengambil hewan tersebut. Jikalau sengaja mengambilnya sebelum menjadi bangkai, maka itu bukan suatu yang haram. 

"Jadi iramanya itu hewan itu sengaja dimatikan. Syaratnya hewan itu diambil saat masih hidup," tegasnya. 

Supaya tidak ragu, Buya Yahya pun menyarankan masyarakat supaya memperhatikan komposisi bahan yang tidak menggunakan bahan dari Karmin. 

"Supaya anda keluar dari perbedaan ini. Jadinya lebih aman," sarannya. 

BACA JUGA:5 Informasi Penting yang Wajib Diketahui Tentang Pewarna Karmin, Nomor 4 Bikin Kapok Penggunanya

Dalam kesempatan tersebut, Buya Yahya juga mengingatkan kepada siapa pun untuk tidak menggempur perusahaan yang diduga menggunakan Karmin sebagai bahan makanan dan minuman. 

"Karena ini bukanlah kebenaran yang mutlak. Karena, kalau sudah demikian takutnya ada unsur fitnah anda," katanya lagi. 

Sebelumnya diberitakan, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Marzuqi Mustamar, mengharamkan mengonsumsi es krim, yogurt, dan yakult. 

Dikutip SUMEKS.CO dari unggahan TikTok @gerakanpisofficial23, 29 September 2023, menyebutkan bahwa KH Marzuqi Mustamar mengharamkan seluruh makanan yang berwarna merah untuk dikonsumsi. 

BACA JUGA:KH Marzuqi Mustamar, Ketua PWNU Jatim yang Beri Fatwa Haram Pewarna Karmin, Ternyata Punya Segudang Ilmu

Adapun alasan KH Marzuqi Mustamar mengharamkan makanan dan minuman berwarna merah tersebut, yakni, dikarenakan produk itu menggunakan pewarna berbahan karmin. 

Untuk diketahui, karmin adalah hewan kutu atau ulat berwarna merah yang biasanya hinggap di tanaman kaktus. Di eropa, hewan ini dibudidayakan hingga berton-ton. 

Kategori :