BRI Dukung UMKM Melalui Inovasi dan Pemberdayaan, Gelap Ruang Jiwa Jadi Contoh Sukses

Kreativitas tanpa batas: Aksesori unik berbahan perunggu dan material daur ulang karya Gelap Ruang Jiwa, UMKM binaan BRI yang terus berkembang.--
SUMEKS.CO - Sebagai bank yang memiliki komitmen kuat terhadap pemberdayaan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus menghadirkan berbagai inisiatif dan solusi keuangan untuk mendukung pertumbuhan sektor UMKM di Indonesia.
Komitmen ini diwujudkan melalui berbagai program pembinaan, akses pembiayaan, serta peluang promosi dan ekspor melalui platform seperti BRI UMKM EXPO(RT).
Salah satu UMKM binaan BRI yang berhasil menunjukkan dampak positif dari program pemberdayaan ini adalah Gelap Ruang Jiwa, sebuah brand aksesori lokal yang digagas oleh Runa sejak tahun 2019.
Berawal dari ketertarikannya terhadap mata kuliah fashion aksesori saat menempuh pendidikan di Institut Teknologi Bandung (ITB), Runa mulai mengeksplorasi material dan teknik pembuatan aksesori yang unik dan berbeda dari pasaran.
BACA JUGA:Arus Balik Lebaran 2025 Dimulai, BRI Dirikan Posko Mudik BUMN untuk Dukung Kelancaran Pemudik
BACA JUGA:Unici Songket Silungkang: Kain Tradisional Sumbar yang Mendunia Berkat Program UMKM BRI
“Akhirnya, kami mengeluarkan koleksi pertama pada 2019,” ujar Runa. Sejak saat itu, Gelap Ruang Jiwa terus berkembang dan dikenal karena keunikan produknya, terutama dalam pemilihan material yang tidak biasa.
Salah satu ciri khas dari produk Gelap Ruang Jiwa adalah penggunaan perunggu sebagai material utama. Perunggu dipilih karena mampu menghasilkan warna silver yang khas serta memiliki keseimbangan antara biaya produksi dan daya tahan material.
Tidak hanya itu, Runa juga berinovasi dengan memanfaatkan benda-benda terabaikan, seperti sampah plastik dan sisa kabel, dalam proses kreatifnya. Hal ini menunjukkan nilai keberlanjutan yang sejalan dengan visi UMKM masa kini.
“Hasil kerajinan kami memiliki bentuk abstrak dan tekstur yang khas. Itu menjadi identitas kami,” tambah Runa.
BACA JUGA:Top UMKM 2025! Habbie Binaan BRI Catat Omset Fantastis dan Raih Rekor MURI
BACA JUGA:BRI Raih Penghargaan Bergengsi di The Asset Triple A Awards for Sustainable Finance 2025
Produk perhiasan Gelap Ruang Jiwa dipasarkan dengan harga mulai dari Rp300 ribu hingga Rp3 juta, dengan omzet bulanan yang mampu menyentuh angka Rp80 juta hingga Rp200 juta.
Meski telah sukses secara lokal, Gelap Ruang Jiwa masih menghadapi tantangan di sisi produksi. Proses pembuatan yang sepenuhnya manual menuntut keterampilan tinggi dari para pengrajin.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel
Sumber: