PT KAI Divre III Palembang Gelar Apel Pasukan Sambut Operasi Angkutan Nataru 2024/2025
Executive Vice President Divre III Palembang, Januri, memimpin Apel Gelar Pasukan di halaman Stasiun Kertapati, Senin 23 Desember 2024.--
PALEMBANG, SUMEKS.CO - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional III Palembang melaksanakan Apel Gelar Pasukan untuk persiapan posko operasi angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.
Acara yang berlangsung di halaman parkir Stasiun Kertapati ini dipimpin langsung oleh Executive Vice President (EVP) Divre III Palembang, Januri, yang menekankan pentingnya aspek keselamatan, keberlanjutan, dan inovasi pelayanan.
“Keselamatan adalah prioritas utama dalam operasional KAI. Semua elemen harus disiplin dan proaktif dalam mengidentifikasi, mengantisipasi, dan mengatasi potensi risiko. Mari berkolaborasi untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pelanggan yang mempercayakan perjalanan mereka kepada KAI,” ujar Januri dalam sambutannya.
Apel ini menjadi penanda dimulainya posko operasi angkutan Nataru 2024/2025 yang akan berlangsung selama 18 hari, dari 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.
Januri menegaskan bahwa seluruh jajaran KAI, mulai dari staf hingga manajemen, akan bekerja sama memastikan kelancaran operasional selama periode ini.
KAI Divre III Palembang telah mempersiapkan berbagai langkah strategis untuk menjamin keamanan dan kenyamanan perjalanan.
Beberapa di antaranya melibatkan kesiapan sumber daya manusia (SDM), sarana, dan prasarana.
Sebanyak 100 Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ), 38 petugas penjaga pintu perlintasan (PJL), dan 21 tenaga Daerah Penanganan Khusus (DAPSUS) telah disiagakan.
BACA JUGA:UPDATE! Hari Kedua Angkutan Nataru, KAI Divre III Palembang Angkut 6.254 Penumpang
KAI juga menyediakan alat material untuk siaga (AMUS) seperti batu balast, bantalan, rel, pasir, dan H-Beam di 23 titik strategis wilayah operasional Divre III.
Selain itu, 388 petugas pengamanan, yang terdiri dari Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska), personel keamanan internal, serta TNI/Polri, turut dikerahkan untuk menjaga keamanan di stasiun, di atas kereta, dan sepanjang jalur kereta api.
KAI Divre III Palembang telah meningkatkan langkah antisipasi untuk menjaga keselamatan perjalanan. Langkah tersebut mencakup pengecekan berkala di daerah rawan bencana, kesiapan perangkat darurat, dan penjagaan di perlintasan sebidang melalui koordinasi aktif dengan masyarakat dan pemangku kepentingan.
Dari sisi keberlanjutan, KAI menghadirkan inisiatif ramah lingkungan selama periode Nataru.
Di antaranya adalah penyediaan air minum gratis di Stasiun Kertapati, penggantian bantalan kayu dengan bantalan sintetis pada jembatan baja, serta penggunaan alat makan berbahan kayu dalam layanan kereta.
Untuk mengakomodasi lonjakan penumpang, KAI menambah satu kereta eksekutif pada KA Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuklinggau dan satu kereta ekonomi pada KA Rajabasa relasi Kertapati-Tanjungkarang.
Hingga 23 Desember, penjualan tiket mencapai 46.085 atau 99,23% dari kapasitas 46.440 tempat duduk. Jumlah ini diperkirakan terus bertambah.
“KAI Divre III Palembang berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan serta menciptakan perjalanan yang aman dan nyaman melalui kolaborasi dan kerja keras seluruh insan KAI,” pungkas Januri.
Dengan kesiapan ini, KAI Divre III Palembang optimistis dapat memberikan layanan terbaik selama libur Natal dan Tahun Baru 2024/2025, menjadikan perjalanan kereta api pilihan utama masyarakat.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: