Maung Garuda, Mobil Anti Peluru Khusus Kepresidenan Buatan Pindad

 Maung Garuda, Mobil Anti Peluru Khusus Kepresidenan Buatan Pindad

Maung Garuda mobil memiliki ciri khas tersendiri yang menonjolkan sisi militer yang memang sudah melekat pada Presiden RI ke 8 Prabowo Subianto.--sumeks.co

SUMEKS.CO - Mobil yang ditunggangi oleh Presiden ke-8 RI, Prabowo Subianto, menuju Gedung MPR/DPR RI pada Minggu, 20 Oktober 2024, menjadi pusat perhatian. 

Mobil Maung Garuda tersebut berbeda dari kendaraan Presiden sebelumnya yang biasannya berwarna hitam dan terlihat resmi. 

Tapi kali ini mobil yang digunakan terlihat gagah dan bersahabat, serta memiliki ciri khas tersendiri yang menonjolkan sisi militer yang memang sudah melekat pada Presiden RI ke 8 Prabowo Subianto.

Tak heran jika mobil tersebut menonjolkan ciri khas dari jiwa militer Prabowo, karena mobil yang diberi nama Maung Garuda, itu hadir khusus dengan MV3 Garuda Limousine. 


Maung Garuda merupakan ciptaan PT Pindad, sebagai industri pertahanan, yang mempunyai visi menjadi produsen alat pertahanan terkemuka di Asia.--net

Maung Garuda merupakan ciptaan PT Pindad, sebagai industri pertahanan, yang mempunyai visi menjadi produsen alat pertahanan terkemuka di Asia melalui upaya inovasi produk dan kemitraan strategisnya.

Mobil ini memiliki tampang berbeda dengan Maung Pindad yang lain. SUV kekar ini memiliki tulisan 'Garuda' di bagian belakangnya. Selain itu, bodinya juga panjang dibanding Maung Pindad standar.

Berdasarkan keterangan PT Pindad di unggahan Instagram mereka, mobil ini adalah MV3 Garuda Limousine. 

Mobil ini merupakan pengembangan terbaru dari MV3 yang didesain khusus untuk mengakomodir secara langsung arahan Prabowo untuk kendaraan presiden dan wakil presiden RI.

Pindad mengklaim mobil berwarna putih dengan tampilan eksklusif dan maskulin ini memiliki proteksi tinggi serta memberikan kenyamanan dengan material berkualitas serta fitur-fitur mutakhir.

Mobil ini dibekali fitur keamanan di seluruh area kendaraan meliputi body dengan material composite armor yang memiliki ketahanan  yaitu anti peluru terhadap munisi kaliber 7,62 x 51 mm NATO ball & kaliber 5,56 x 45 mm M193. 

Kaca antipeluru level B5/B6, serta dilengkapi ban berukuran R21 dengan tipe Run Flat Tyre (RFT) yang bisa tetap melaju meski mengalami kebocoran di perjalanan.

Bagian eksterior, Maung Garuda dilengkapi automatic footstep di bagian samping untuk memudahkan pijakan keluar masuk mobil. 

Logo Garuda melambangkan kekuatan dan gerak dinamis dengan kepak sayapnya yang mengembang menjadi simbol di berbagai bagian kendaraan, terpampang mulai dari bagian grille hingga velg kendaraan yang tetap terlihat meskipun roda kendaraan sedang bergerak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: