Lawang Borotan Palembang Siap Jadi Destinasi Wisata Baru

Lawang Borotan Palembang Siap Jadi Destinasi Wisata Baru

Pj Wali Kota Palembang, Ucok Damenta, bersama Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI Maudi Nurdika, memaparkan rencana revitalisasi Lawang Borotan sebagai pusat wisata dan UMKM.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pemerintah Kota Palembang, di bawah kepemimpinan Penjabat (Pj) Wali Kota Ucok Abdulrauf Damenta, berencana untuk menjadikan Lawang Borotan sebagai destinasi wisata baru.

Hal ini disampaikan oleh Ucok Abdulrauf Damenta dalam paparan yang diadakan di markas Kodam II Sriwijaya, Senin 14 Oktober 2024.

Paparan ini dihadiri oleh Panglima Kodam II Sriwijaya, Mayjen TNI Maudi Nurdika, S.I.P, M.Si, M.Tr (Han), beserta jajaran.

Lawang Borotan, yang dalam bahasa lokal bermakna "pintu belakang," adalah bagian penting dari Benteng Kuto Besak (BKB) yang memiliki nilai historis.

BACA JUGA:Pemkot Palembang Luncurkan Penghapusan Sanksi Pajak, Warga Dapatkan Keringanan PBB-P2 dan Pajak Daerah Lainnya

BACA JUGA:81 Pasang Pengantin Sumringah, Mengikut Nikah Massal Gratis Pemkot Palembang

Lawang Borotan merupakan salah satu akses utama pada zaman kolonial, dengan tinggi sekitar 7 meter dan lebar 6 meter.

Pintu ini dibangun menggunakan bahan batu bata dan kapur tanpa menggunakan rangka besi, memberikan kesan arsitektur kuno yang unik.

Lokasinya terletak di sisi kanan Benteng Kuto Besak, berseberangan dengan kantor Wali Kota Palembang, menjadikannya mudah dijangkau bagi para wisatawan karena berada di pusat kota.

Menurut Pj Wali Kota Ucok Damenta, Lawang Borotan akan direvitalisasi, terutama pada bagian sisi luar.

BACA JUGA:Cetak Hat-Trick! Pemkot Palembang Kembali Raih Penghargaan ALI Terbaik di Indonesia untuk Ketiga Kalinya

BACA JUGA:Hidupkan 3 Wisata Heritage di BKB, Pemkot Palembang Gandeng Seniman dan Sejarawan

"Kami ingin mempersiapkan Lawang Borotan untuk menyambut Tahun Baru. Selain revitalisasi, akan ada sentra UMKM, wisata malam, dan penataan area parkir," jelas Damenta.

Revitalisasi ini adalah bagian dari program jangka pendek untuk menghidupkan kembali kawasan Lawang Borotan dan menjadikannya lebih menarik bagi masyarakat maupun wisatawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: