Penuh Haru, Menteri AHY Raih Gelar Doktor untuk Almarhumah Ibu Ani Yudhoyono

Penuh Haru, Menteri AHY Raih Gelar Doktor untuk Almarhumah Ibu Ani Yudhoyono

Menteri AHY dengan penuh haru mempersembahkan gelar Doktornya untuk almarhumah Ibu Ani Yudhoyono, sebuah wasiat terakhir yang kini terwujud.--

SURABAYA, SUMEKS.CO - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi meraih gelar Doktor setelah melaksanakan Ujian Doktor Terbuka pada Senin, 7 Oktober 2024.

Momen istimewa ini berlangsung di Aula Garuda Mukti, Gedung Kantor Manajemen MERR C Mulyorejo, Universitas Airlangga, Surabaya.

Gelar Doktor yang diraih AHY ia dedikasikan untuk kedua orang tuanya, terutama untuk almarhumah Ibu Ani Yudhoyono yang sangat berjasa dalam hidupnya.

"Puji syukur karena baru saja dinyatakan lulus dan secara resmi menjadi Doktor. Ini sebuah pencapaian akademik, namun bagi saya lebih bersifat personal, karena ini merupakan wasiat terakhir dari almarhumah Ibu Ani Yudhoyono. Saya mendedikasikan ini untuk beliau," ujar Menteri AHY dengan penuh haru usai mendengar pernyataan kelulusannya dari pimpinan sidang.

BACA JUGA:Menteri ATR/BPN AHY Lulus Doktor dengan Predikat Cumlaude dari Universitas Airlangga

BACA JUGA:Mawardi Yahya Komitmen Rangkul Semua Komunitas di Sumatera Selatan

AHY menceritakan, bahwa sebelum berpulang, Ibu Ani Yudhoyono sangat berharap dirinya, meskipun tidak melanjutkan karier militer hingga pangkat tertinggi, tetap memiliki capaian bermakna yang lebih dari sekadar gelar formal.

"Waktu itu saya tidak bisa menyelesaikan karier militer dan sering dianggap sebelah mata, hanya seorang Mayor, tentara baru kemarin, dan sebagainya. Namun, saya teguh dalam keputusan yang saya ambil, sebuah panggilan. Ibu Ani selalu ingin agar putranya bisa berkontribusi untuk masyarakat luas, baik dalam dunia politik maupun di pemerintahan," ungkap Menteri AHY.

Di sisi lain, AHY juga mendedikasikan pencapaian ini untuk ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Presiden ke-6 Republik Indonesia. Menurut AHY, SBY adalah inspirasi terbesar dalam hidupnya.

"Ayah adalah super inspirasi bagi saya dan keluarga kecil kami, selalu bersemangat untuk terus berkembang lebih baik dari waktu ke waktu," kata AHY.

BACA JUGA:Misteri Hilangnya Sri Wahyuni dan Anak Terungkap

BACA JUGA:Gebuk Mafia Tanah, AHY Terima Penghargaan Bergengsi di CNN Indonesia Awards 2024

Menteri AHY juga mengenang bagaimana ayahnya, yang lahir di Pacitan, harus berjuang dari bawah hingga menjadi salah satu putra terbaik bangsa.

"Tentu Ayah juga berharap kami, anak-anaknya, dapat menjadi pribadi yang kuat, yang tidak mudah goyah dalam menghadapi tantangan," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: