Waspada Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang di Sumsel, BMKG Rilis Prakiraan Cuaca Palembang Hari Ini

Waspada Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang di Sumsel, BMKG Rilis Prakiraan Cuaca Palembang Hari Ini

Waspada Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang di Sumsel, BMKG Rilis Prakiraan Cuaca Palembang 26 September 2024. Foto: Suci sumeks.co--

Waspada Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang di Sumsel, BMKG Rilis Prakiraan Cuaca Palembang 26 September 2024

Palembang,  sumeks.co, Ini peringatakan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Lembaga tersebut mengeluarkan peringatan terkait potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang yang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pada Kamis, 26 September 2024.

Wilayah-wilayah yang diprediksi terdampak antara lain: 

Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Lahat, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Kota Lubuklinggau, dan Kota Palembang.

BACA JUGA:Hujan Ringan Mengguyur Palembang Sejak Dini Hari, Cuaca Hari Ini Menurut BMKG

BACA JUGA:Info BMKG: Cek Cuaca Palembang Hari Ini 24 September 2024

Peringatan ini disampaikan sebagai bentuk antisipasi bagi masyarakat Sumsel dan sekitarnya untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan cuaca ekstrem.

Menurut data BMKG, Cuaca ekstrem ini  dapat berdampak pada aktivitas harian, seperti perjalanan, pekerjaan, serta potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang. 

Selain itu, angin kencang yang menyertai hujan lebat dapat mempengaruhi stabilitas bangunan ringan serta jaringan listrik.

BMKG menjelaskan bahwa kondisi cuaca ini dipicu oleh adanya pertemuan angin di beberapa wilayah Sumatera Selatan (Sumael) yang memperkuat potensi pembentukan awan hujan konvektif.

 Awan-awan jenis ini umumnya terbentuk akibat pemanasan permukaan yang intens, yang kemudian berkembang menjadi hujan deras dalam waktu singkat, disertai kilatan petir dan embusan angin yang kuat.

Berikut wilayah yang Berpotensi Terdampak

Kabupaten Empat Lawang:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: