Pemkot Palembang Gandeng Brebes: Langkah Strategis Tekan Inflasi dan Jaga Pasokan Bawang Merah

Pemkot Palembang Gandeng Brebes: Langkah Strategis Tekan Inflasi dan Jaga Pasokan Bawang Merah

Pj Wali Kota Palembang A Damenta dan Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar menandatangani perjanjian kerjasama antar daerah untuk menjaga ketersediaan bawang merah dan menekan inflasi, Kamis 12 September 2024 di Kantor Bupati Brebes.--

BREBES, SUMEKS.CO - Dalam upaya menjamin ketersediaan pasokan komoditas bawang merah serta menekan angka inflasi, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang resmi menjalin kerjasama antar daerah (KAD) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes.

Penandatanganan kesepakatan ini dilakukan langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Palembang A Damenta bersama Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar pada Kamis, 12 September 2024.

Acara tersebut berlangsung di Kantor Bupati Brebes, yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Palembang, Albert Midianto Amad, serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DPKP) Brebes, M Furqon.

Kerjasama ini diharapkan dapat menjaga stabilitas harga bawang merah, mengingat Kabupaten Brebes dikenal sebagai sentra produksi bawang merah terbesar di Indonesia.

BACA JUGA:Curhat di Podcast Denny Sumargo, Ayah Siswi SMP Korban Pembunuhan di Palembang Tak Terima Pelaku Direhab

BACA JUGA:Samsung Galaxy A11: Smartphone Murah Dibekali Update Android 12 dan One UI Baru

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Palembang, A Damenta, menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Brebes atas kesediaannya untuk menjalin kerjasama.

"Kami sangat berterima kasih kepada Pemkab Brebes yang bersedia bekerja sama dengan Pemkot Palembang. Kita tahu bahwa Brebes merupakan penghasil bawang merah terbesar di Indonesia, dan tujuan utama dari kerjasama ini adalah menjaga stabilitas harga bawang merah dan mencegah terjadinya inflasi, khususnya di Kota Palembang," ujar Damenta.

A Damenta menjelaskan, kebutuhan bawang merah di Kota Palembang tergolong sangat tinggi. Meski telah melakukan upaya penanaman bawang merah secara lokal, produksi yang dihasilkan masih belum mencukupi kebutuhan warga.


Pj Wali Kota Palembang A Damenta dan Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar bersama jajaran kepala OPD berfoto bersama usai menandatangani perjanjian kerjasama antar daerah untuk menjaga ketersediaan bawang merah dan menekan inflasi, Kamis 12 September 2024 --

"Harga bawang merah di Palembang sering mengalami fluktuasi, bahkan cenderung naik-turun. Oleh karena itu, kerjasama ini menjadi langkah strategis untuk memastikan pasokan bawang merah tetap terjaga sehingga tidak ada kekurangan," ungkapnya.

BACA JUGA: Mantan Kades Resmi Tersangka Kasus Pengancaman Penembakan dengan Senjata Api Organik Milik Polri

BACA JUGA:Daftar HP 5G Terbaru dengan Harga Murah, Berikut Spesifikasi dan Fiturnya!

Dengan adanya KAD ini, Pemkot Palembang berharap agar pasokan bawang merah dari Brebes dapat membantu menstabilkan harga di pasar Palembang, sekaligus menekan inflasi yang disebabkan oleh kelangkaan komoditas tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: