Tim Kemetrologian Pastikan Keakuratan Timbangan Pedagang Ikan di Pasar Kayuagung

Tim Kemetrologian Pastikan Keakuratan Timbangan Pedagang Ikan di Pasar Kayuagung

Tim Pengawasan Kemetrologian cek timbangan pedagang ikan pasar Kayuagung jamin keakuratan. Foto : Niskiah/Sumeks.Co--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO -  Sejumlah pedagang ikan di pasar Kayuagung untuk timbangannya dilakukan pengawasan alat Ukur Timbang Takar dan Perlengkapannya (UTTP), Rabu 11 September 2024.

Kegiatan pengawasan dan penyuluhan Kemetrologian itu dilakukan oleh Tim Pengawasan Kemetrologian Dinas Perdagangan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Rupanya, kegiatan pengawasan dan penyuluhan Kemetrologian itu dilakukan adalah untuk menjamin masyarakat dan pedagang untuk ketepatan hasil penimbangan. 

Dijelaskan Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten OKI, H Alamsyah melalui Pengawas Kemetrologian, Jaka Wisnu SH, untuk kegiatan pengawasan dan penyuluhan Kemetrologian memang rutin dilaksanakan ke sejumlah pedagang. 

BACA JUGA:Cegah Potensi Pelanggaran, Bawaslu Tekankan Pengawasan Ketat dari Internal Lembaga

BACA JUGA:Pastikan Kepatuhan Perusahaan, Kemenkumham Sumsel Gelar Operasi Pengawasan TKA di PT OKI Pulp dan Paper Mills

"Hari ini ada 58 timbangan pedagang yang kita lakukan pengawasan dengan hasil ada beberapa timbangan yang hasil pengujiannya tidak akurat dan langsung kita lakukan penyetelan ulang," terang Jaka, kepada SUMEKS.CO, Rabu 11 September 2024.

Diungkapkan Jaka, para pedagang di Kabupaten OKI memang rutin dilakukan pengawasan dan penyuluhan Kemetrologian timbangannya. Dimana seperti hari khusus pedagang ikan pasar Kayuagung. 

Jadi dengan begitu menyadarkan masyarakat pentingnya keakuratan timbangan. Sehingga masyarakat tidak dirugikan apabila timbangan pedagang akurat. 

Lanjutnya, seperti musiman buah awal tahun kemarin untuk sejumlah pedagang buah musiman juga dilakukan pengawasan dan penyuluhan Kemetrologian timbangan. 

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Gencar Operasi JAGRATARA, Perketat Pengawasan Tenaga Kerja Asing

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Akan Gelar Operasi JAGRATARA untuk Tingkatkan Pengawasan Keimigrasian

"Kabupaten OKI ada musim buah jadi saat musim itu banyak pedagang buah jadi sangat perlu dilakukan pengawasan timbangan," jelasnya. 

Lalu, di pasar Kayuagung ini untuk pasar ikan jumlah pedagang lumayan banyak. Maka oleh perlu juga sangat penting dilakukan pengawasan Kemetrologian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: