Seorang Warga Seberang Ulu Palembang Diduga Terpapar Mirip Virus Cacar Monyet, Langsung Isolasi Mandiri

Seorang Warga Seberang Ulu Palembang Diduga Terpapar Mirip Virus Cacar Monyet, Langsung Isolasi Mandiri

Seorang warga Seberang Ulu I, Kelurahan 3/4 Ulu Palembang diduga terindikasi terpapar virus monkey pox atau cacar monyet.-Foto: dokumen/sumeks.co-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Seorang warga yang tinggal di kawasan Seberang Ulu I tepatnya di Lorong Jaya Laksana Kelurahan 3/4 Ulu PALEMBANG diduga terindikasi terpapar virus monkey pox atau cacar monyet.

Warga berjenis kelamin perempuan yang masih berusia 24 tahun tersebut kini harus menjalani isolasi mandiri selama dua minggu sembari menunggu hasil sample uji laboratorium yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Palembang guna mencegah penyebaran virus baru tersebut.

Dokter Umum Puskesmas 4 Ulu, dr Gerry Arvin Taruna mengatakan benar bahwa pada tanggal 29 Agustus 2024 kemarin ada salah seorang pasien yang berobat dengan gejala-gejala mirip seperti gejala paparan virus cacar monyet. 

Namun itu, katanya belum bisa dipastikan karena saat ini pihak Dinkes Palembang sedang melakukan uji laboratorium terkait sample darah pasien tersebut.

BACA JUGA:Virus Cacar Monyet Merebak di Dunia, Ternyata Sudah Diramal oleh Serial Kartun Asal Amerika Serikat Simpsons

BACA JUGA:Waspada! Cacar Monyet Cepat Menular Lewat Aktivitas Seksual, Simak Penjelasan Dinkes Palembang

"Kita masih menunggu hasil uji sampel pasien itu. Kalau terkontaminasi cacar monyet atau bukan, kami belum bisa pastikan, karena butuh pemeriksaan dan proses lebih lanjut," terangnya saat dikonfirmasi Selasa 3 September 2024.

Disampaikannya, wabah virus ini gejalanya terlihat dari bentuk muka atau lesinya, biasanya dimulai dari badan, lalu kemudian menyebar ke seluruh tubuh.

“Nah, untuk pasien ini, lesinya banyak di tangan dan kaki, bentuknya seperti keropeng warna hitam. Setelah dilakukan pemeriksaan disini diberi obat, keesokkan harinya kami mendatangi pasien di rumahnya dan ternyata mulai membaik,” terangnya.

Menurutnya, untuk kasus seperti ini baru kali pertama ada pasien yang berobat di Puskesmas tempatnya bekerja yang menunjukkan gejala miring seseorang yang terpapar virus monkey pox.

BACA JUGA: Dinkes Palembang Waspadai Penyebaran Cacar Monyet, Begini Antisipasinya

BACA JUGA:ASTAGHFIRULLAH! Gejalanya Mirip Cacar Monyet, Wabah Flu Tomat Serang Ratusan Anak di India

“Pengambilan sample untuk dikirim ke Laboratoriun sudah dilakukan dinkes, kita hanya melakukan penanganan pertama. Kini pasien kita imbau untuk di rumah saja atau isolasi mandiri selama dua minggu, mengingat penyakit tersebut menular dari droplet atau kontak fisik,” tutupnya.

Sementara, Kapolsek SU I Palembang Kompol Alex membenarkan terkait informasi yang beredar bahwa ada salah seorang warga yang tinggal di wilayah hukumnya diduga terindikasi atau terpapar virus cacar monyet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: