Dinkes Palembang Waspadai Penyebaran Cacar Monyet, Begini Antisipasinya

 Dinkes Palembang Waspadai Penyebaran Cacar Monyet, Begini Antisipasinya

Ilustrasi--dok : sumeks.co

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Kesehatan Palembang  tengah melakukan upaya pencegahan terhadap penyebaran cacar monyet

"Meskipun di Palembang belum ada kasus cacar monyet, namun kami tetap meningkatkan kewaspadaan," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Palembang, Yudhi Setiawan, kepada SUMEKS.CO pada Selasa, 31 Oktober 2023.

Yudhi menjelaskan, Dinkes Palembang terus mewaspadai dan mencegah masyarakat terkena cacar monyet dengan cara menyurati Puskesmas dan rumah sakit

"Dalam upaya ini, dari Dinkes telah mengirim surat edaran kepada seluruh Puskesmas dan rumah sakit di Kota Palembang," jelasnya. 

BACA JUGA:1 Orang Terkonfirmasi Cacar Monyet di Indonesia Hari Ini

Lanjut Yudhi, melalui Surat Edaran tersebut, pihak Dinkes Palembang meminta Puskesmas dan rumah sakit agar melakukan pemeriksaan kepada pasien yang datang dengan gejala cacar monyet. 

"Kami meminta mereka untuk memeriksa pasien yang datang dengan gejala cacar monyet. Jika ada gejala tersebut, segera laporkan ke Dinkes untuk penanganan lebih lanjut," tuturnya. 

Lebih lanjut Yudhi menyebutkan bahwa Dinas Kesehatan Kota Palembang telah siap untuk menangani kasus cacar monyet di Ibu Kota Sumsel ini. 

"Jika diperlukan lebih lanjut, kita siap akan meminta vaksin dari Kementerian Kesehatan RI," tambahnya. 

BACA JUGA:Cacar Monyet Menjangkit LGBT, Tapi Dampaknya Bisa Kena Orang Banyak

Kendati itu, Yudi Setiawan menyebutkan tanda-tanda cacar monyet seperti kulit yang merah dan demam. 

"Untuk mencegahnya juga. Dinkes Palembang mengimbau masyarakat agar selalu menjaga kesehatan dengan memasak makanan secara matang, menjaga kebersihan dengan mencuci tangan, dan berperilaku seksual yang aman," tukasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: