Melestarikan Warisan Sriwijaya: Upaya Pengabdian FKIP Usri dalam Meningkatkan Pemahaman Sejarah Guru SMA

Melestarikan Warisan Sriwijaya: Upaya Pengabdian FKIP Usri dalam Meningkatkan Pemahaman Sejarah Guru SMA

Melestarikan Warisan Sriwijaya: Upaya Pengabdian FKIP Usri dalam Meningkatkan Pemahaman Sejarah Guru SMA --

Melestarikan Warisan Sriwijaya: Upaya Pengabdian FKIP Usri dalam Meningkatkan Pemahaman Sejarah Guru SMA 

Muaraenim, sumeks.co- Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) dari Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sriwijaya mengadakan kegiatan sosialisasi mengenai peninggalan kerajaan Sriwijaya di Sumatera Selatan (Sumsel). 

Kegiatan yang bertajuk “Sosialisasi Peninggalan Sriwijaya di Sumatera Selatan Bagi Guru-Guru SMA di Kabupaten Muara Enim” ini diadakan di SMP Negeri 2 Kabupaten Muara Enim.

Gelaran dihadiri oleh 33 orang guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah di Kabupaten Muara Enim, pada Kamis, 29 Agustus 2024, 

Kegiatan ini dipimpin oleh Dr. L.R. Retno Susanti, M.Hum, sebagai ketua tim PPM. Beliau dibantu oleh anggota tim yang terdiri dari Dr. Hudaidah, M.Pd, Muhammad Reza Pahlevi, M.Pd, dan Risa Marta Yati, S.Pd., M.Hum.

 Tujuan utama dari sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pemahaman para guru sejarah mengenai pentingnya peninggalan Sriwijaya sebagai bagian dari warisan budaya dan sejarah Indonesia, serta mengintegrasikan pengetahuan ini ke dalam kurikulum pembelajaran sejarah di sekolah.

BACA JUGA:Dorong Inovasi Pembelajaran, UNSRI Gelar Pelatihan TPACK untuk Guru di Kabupaten PALI

BACA JUGA:Prodi Magister Teknologi Pendidikan FKIP Unsri Gelar Pelatihan Pengembangan Media Berbasis Digital


Pengabdian FKIP Usri dalam Meningkatkan Pemahaman Sejarah Guru SMA di Muara Enim--

Sriwijaya dikenal sebagai kerajaan maritim terbesar di Nusantara dan dianggap sebagai kerajaan nasional pertama di Indonesia.

 Peninggalan-peninggalan Sriwijaya tersebar di berbagai wilayah Sumatera Selatan dan menjadi bukti kejayaan Sriwijaya di masa lalu dalam bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, dan religi. 

Tim PPM FKIP Universitas Sriwijaya menilai bahwa penyebaran informasi mengenai peninggalan ini sangat penting untuk menumbuhkan rasa cinta dan bangga akan sejarah bangsa di kalangan generasi muda.

Ya khususnya melalui peran aktif guru dalam pembelajaran sejarah.

Acara sosialisasi ini dibuka dengan sambutan dari Dr. Hudaidah, M.Pd, yang juga menjabat sebagai Ketua Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Sriwijaya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: