Monkey Pox Dinilai Tak Membahayakan, Angka Kematian Hanya di Bawah 3 Persen

Monkey Pox Dinilai Tak Membahayakan, Angka Kematian Hanya di Bawah 3 Persen

Angka kematian akibat Monkey Pox dinilai rendah hanya di bawah 3 persen, lantaran cara penularannya juga tidak mudah. --

Namun, yang menjadi pertanyaan besar bagi Fadilah saat ini adalah kenapa Monkey Pox tiba-tiba sekarang ini justru menyerang pada anak-anak. 

"Ini menjadi pertanyaan yang sampai saat ini belum ada jawabannya," sebutnya.

Adanya isu Monkey Pox ini tentunya bisa menjadi ladang bisnis bagi para pengurus WHO, dengan cara membuat vaksin yang kemudian dijual. 

BACA JUGA:Monkey Pox Menyebar, 23 Warga Tangerang Terjangkit Virus MPox, Dinkes Batam Temukan 1 Pasien

BACA JUGA:Virus Cacar Monyet Merebak di Dunia, Ternyata Sudah Diramal oleh Serial Kartun Asal Amerika Serikat Simpsons

"Misalkan untuk membikin vaksin yang kemudian dijual. Jadi, berhasil menakut-nakuti orang se-dunia saja," ujarnya. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, untuk kedua kalinya Organisasi Kesehatan Dunia WHO resmi menyatakan status darurat kesehatan terhadap penyebaran penyakit infeksi cacar monyet atau Monkey Pox bagi masyarakat global.

Status darurat kesehatan terhadap penyebaran cacar monyet tersebut menyusul adanya temuan wabah cacar monyet di Republik Democratic Congo.

Bahkan, pengumuman status darurat kesehatan infeksi cacar monyet tersebut untuk kedua kalinya dalam dua tahun terakhir.

BACA JUGA:Waspada! Cacar Monyet Cepat Menular Lewat Aktivitas Seksual, Simak Penjelasan Dinkes Palembang

BACA JUGA: Dinkes Palembang Waspadai Penyebaran Cacar Monyet, Begini Antisipasinya

Ditambah, temuan adanya dampak kesehatan bagi yang terinfeksi penyakit cacar monyet tersebut telah menyebar ke negara-negara tetangga dari Republik Democratic Congo.

Upaya dilakukan oleh pihak komite darurat kesehatan yang sebelumnya telah memberitahu Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Pertemuan tersebut membahas tentang apakah wadah penyakit cacar monyet merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian masyarakat Internasional atau dikenal dengan status PHEIC.

Diketahui status PHEIC sendiri, merupakan peningkatan status kewaspadaan tertinggi organisasi kesehatan dunia (WHO) yang bertujuan untuk mempercepat penelitian, hingga tindakan kesehatan masyarakat internasional untuk mengatasi suatu penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: