Ditinggal Kosong, Rumah Warga di Tiang Pumpung Kepungut Hangus Terbakar

Ditinggal Kosong, Rumah Warga di Tiang Pumpung Kepungut Hangus Terbakar

Sebuah rumah di Desa Muara Kati Baru, Kecamatan Tiang Pumpung Kepungut (TPK), Kabupaten Musi Rawas hangus terbakar. -Foto: dokumen/sumeks.co -

 

MUSI RAWAS, SUMEKS.CO - Sebuah rumah yang ditinggal kosong di Desa Muara Kati Baru, Kecamatan Tiang Pumpung Kepungut (TPK), Kabupaten Musi Rawas hangus terbakar.

Kebakaran itu terjadi pada Jumat 23 Agustus 2024 sekitar pukul 00.30 WIB dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Satu rumah terbakar rata menjadi puing-puing akibat korbaran api.

Suasana merah menyala membuat warga Desa Muara Kati Baru I, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas, Panik saat dini hari.

BACA JUGA:4 Unit Rumah dan 1 Ruko di Desa Srinanti OKI Hangus Terbakar di Hari Kemerdekaan RI

BACA JUGA:10 Unit Mess di Desa Bailangu Muba Hangus Terbakar, Seorang Karyawan Tewas Terpanggang

Warga awalnya tengah beristirahat, dipaksa bangun mendadak karena kebakaran rumah milik Nuryana (70) yang saat itu sedang tidak berada di rumah.
       
Dalam unggahan vidio warga di media sosial dari akun Tommy Japhisa mengambarkan kepanikan warga saat terjadi kebakaran rumah panggung dua lantai yang terbuat dari kayu tersebut.

"Mundur, mundur, mundur tolong mundur," teriak warga kewalahan saat memadamkan api.

Kobaran api diduga berasal dari korsleting aliran listrik mengingat rumah itu dalam keadaan kosong.

BACA JUGA:Warung Manisan di Plaju Hangus Terbakar, Uang Tunai Rp70 Juta Ikut Ludes

BACA JUGA:Bangunan Bekas Asrama TNI di Pintu Besi Plaju Hangus Terbakar Dilalap Si Jago Merah

Kapolres Mura AKBP Andi Supriadi melalui kapolsek Muara Beliti Ipru Suryadi saat dikonfirmasi membenarkan adanya insident tersebut.

"Rumah itu milik Nuryana (70), tapi saat kejadian rumahnya kosong karena yang bersangkutan menginap dirumah anaknya di desa yang sama," jelasnya.

Kebakaran, menghanguskan rumah satu rumah dengan tingkat kebakaran 100 persen dan berhasil dipadamkan oleh damkar dari pos Sukakarya.

"Tidak ada korban jiwa kobaran api diduga dari korsleting listrik," tegasnya.

BACA JUGA:Bangunan Bekas Asrama TNI di Pintu Besi Plaju Hangus Terbakar Dilalap Si Jago Merah

BACA JUGA:7 Kios di Pasar Pagi Betung Banyuasin Hangus Terbakar, Ini Penyebabnya

Sebelumnya, pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 musibah menimpa warga Desa Srinanti, Kecamatan Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). 

Yaitu sebanyak 4 unit rumah milik warga dan 1 unit ruko hangus terbakar hebat, Sabtu 17 Agustus 2024, sekira pukul 15.00 WIB. 

Akibatnya, 4 rumah dan 1 unit ruko yang berada di Kampung 4 Desa Srinanti, Kecamatan Pedamaran, Kabupaten OKI harus kehilangan rumah mereka. 

Kasat Pol PP dan Damkar Kabupaten OKI, melalui Kabid Damkar, M Yusuf menjelaskan, untuk peristiwa kebakaran di Desa Srinanti siang menjelang sore. Untuk pemadaman mulai dilakukan sekira pukul 15.45 WIB. 

BACA JUGA:Angkut Sepeda Listrik Mobil Pickup Hangus Terbakar di Pintu Gerbang Tol Keramasan, Penyebabnya?

BACA JUGA:Labfor Polda Sumsel Cek Bangkai Truk yang Hangus Terbakar saat Angkut Ratusan Tabung Gas Elpiji, Hasilnya?

"Kebakaran rumah warga dan ada juga ruko ini sekira pukul 15.00 WIB lebih lah. Kami mendapatkan informasi awal kebakaran dari pak Tamrin melalui telpon ke petugas Damkar OKI," jelas Yusuf, saat dikonfirmasi, SUMEKS.CO, Sabtu 17 Agustus 2024.

Diungkapkan Yusuf, dari informasi tersebut lalu, dengan cepat anggota Damkar langsung menuju lokasi. Yakni dengan mengerahkan 4 unit mobil pemadam kebakaran. 

Yaitu mobil jenis Elf Kecil. Mobil tangki, mobil fuso. Serta 1 unit mobil lainnya. Pemadaman langsung dilakukan oleh 10 anggota Damkar ditambah dengan anggota disana. 

 

"Api yang yang menghanguskan rumah warga ini cukup cepat ditambah angin berhembus kencang. Sehingga api terus membesar," kata Yusuf. (zul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: