Gagahnya Wapres Ma'ruf Amin Kenakan Pakaian Adat dan Songket Palembang, Bikin Bangga 'Wong Kito'

Gagahnya Wapres Ma'ruf Amin Kenakan Pakaian Adat dan Songket Palembang, Bikin Bangga 'Wong Kito'

Wapres Ma'ruf Amin Pakai tanjak songket pakaian adat Palembang pada sidang tahunan MPR 2024--

Sedangkan, istri Wapres Wury Ma'ruf Amin yang mendampingi tampak mengenakan kebaya Betawi hijau bermotif bunga-bunga dipadukan kerudung yang juga berwarna hijau.

Penggunaan pakaian adat Provinsi Sumatera Selatan oleh pejabat negara seperti dipakai oleh Wapres RI Ma'ruf Amin bukanlah yang pertama kali.

Dari penelusuran, pada tahun 2017 silam pakaian adat berupa songket Palembang juga pernah dipakai oleh mantan Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono beserta ibu negara.

BACA JUGA:Kenakan Pakaian Adat, Lapas Narkotika Muara Beliti Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila 2024

BACA JUGA: Mengenakan Pakaian Adat, Ribuan Murid Taman Kanak-Kanak Ikuti Karnaval Tingkat Kota Palembang


--

Saat itu, Presiden RI bersama Ibu negara kompak dan nampak serasi memakai pakaian adat songket Palembang saat upacara memperingati HUT RI ke-72 tahun di Istana Negara.

Selain pejabat negara, kain songket Palembang juga pernah dipakai oleh Putri Andiani Finalis American Got Talent pada tahun 2023 silam.

Putri Andiani tampak cantik dengan busana berbalut kain songket Palembang, saat tampil memeriahkan perayaan HUT RI ke-78 tahun lalu di Istana Negara.

Sekedar informasi, Songket Palembang adalah salah satu karya budaya dari Sumatera Selatan yang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia pada tahun 2013 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

BACA JUGA:Kenakan Pakaian Adat Minang, Kakanwil Ilham Djaya Pimpin Upacara HUT RI ke-78

BACA JUGA:Khutbah Jumat Islam Nusantara, Khatib Tak Pakai Koko Malah Gunakan Pakaian Adat Jawa yang Dilengkapi Keris

Karya budaya ini masuk ke dalam domain Keterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional dengan nomor pencatatan 201300009. 

Songket Palembang tidak hanya sekadar kain pelindung tubuh yang estetis namun memiliki makna adiluhung yaitu kemakmuran, kejayaan, dan keberanian.

Songket kerap dikaitkan dengan Kemaharajaan Sriwijaya sebagai asal mula tradisi songket berasal, beberapa jenis Songket yang populer pun tak lepas dari lokasi-lokasi yang pernah berada dibawah kekuasaan Sriwijaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: