MENDING MANA? Lapak Online Tokopedia Vs Shopee, Buat yang Mau Merintis Toko Online Wajib Baca!

MENDING MANA? Lapak Online Tokopedia Vs Shopee, Buat yang Mau Merintis Toko Online Wajib Baca!

Perlu diketahui bahwa Tokopedia memiliki Traffic yang lebih tinggi ketimbang Shopee, karena memang basicnya media sosial dengan 170 juta pengguna di Indonesia yang bergandengan dengan TikTok Shop.--

BACA JUGA:MENDING MANA? Nubia Flip 5G Vs Motorola Razr 2023: Segmen Ponsel Flip Harga Terjangkau!

Penjual Shopee Mall

Biaya Layanan = (Harga Asli Produk - Diskon Produk dan/atau Voucher Diskon Ditanggung Penjual) x 4,0% (Diskon 20% dari biaya layanan normal sebesar 5%)

Tokopedia menjelaskan ada lima kategori grup, mulai dari kategori grup A hingga E. Untuk kategori grup A, misalnya, akan dikenakan biaya layanan sebesar 6,5% per produk terjual. Berikut adalah rincian biaya layanan Tokopedia per kategori grup produk:

  • Kelompok Grup A: Biaya layanan 6,5% per produk terjual
  • Kelompok Grup B: Biaya layana 5,5% per produk terjual
  • Kelompok Grup C: Biaya layanan 4% per produk terjual
  • Kelompok Grup D: Biaya layanan 3,1% per produk terjual
  • Kelompok Grup E: Biaya layanan 2% per produk terjual

BACA JUGA:MENDING MANA? OnePlus Nord 4 Vs Google Pixel 8a, Duel Sengit Ponsel Kelas Menengah!

BACA JUGA:Huawei Pocket 2, Ponsel Flagship yang Usung Dua Layar OLED, Ukuran Pas Di Saku!

Jadi untuk biaya administrasi, meski beda tipis dan ada berbagai penyesuaian, tapi Tokopedia agak lebih murah ketimbang Shoppe di bidang administrasi.

Tapi meski bagaimanapun, produk yang dijual di Tokopedia harganya cenderung lebih tinggi dibanding di Shopee. Kenapa? Karena Tokopedia terkenal sebagai tempatnya orang cari barang elektronik.

Kalau mau cari barang dengan harga miring, ya baiknya ke Shopee, bukan ke Tokopedia. Shoppe menyediakan banyak produk yang murah. Ya, marketplace satu ini dapat dibilang sangat baik dengan buyer.

Harganya pasti lebih murah meski hanya Rp1000, ketimbang yang ada di lapak Tokopedia. Selain itu mereka juga banyak menyediakan diskon dan gratis ongkir, rasanya Tokopedia tidak mungkin menyaingi di segmen bakar-bakar uang.

BACA JUGA:Google Pixel 7 Pro Ponsel Flagship dengan Performa Berenergi Tinggi Berkat Tensor G2

BACA JUGA:Samsung Galaxy Z Fold 6: Ponsel Lipat Masa Depan, atau Hanya Mimpi?

Coba bandingkan harga di Shopee dengan di Tokopedia. Barang yang sama, harganya bisa lumayan beda kalau di Tokopedia. Toko oren biasanya malah lebih jatuh harganya. 

Kalau orang cari voucher belanja atau potongan banyak, baiknya emang nggak ngecek Tokopedia. Soalnya Tokopedia memang udah nggak mau bakar duit. 

Semua orang mestinya nggak kaget kalau Tokopedia nggak semurah hati Shopee, soalnya Tokopedia udah jadi top of mind para pemburu barang elektronik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: