Asus ProArt P16, Laptop Layar Sentuh 16 Inci yang Mumpuni Bagi Para Konten Kreator!

Asus ProArt P16, Laptop Layar Sentuh 16 Inci yang Mumpuni Bagi Para Konten Kreator!

Menariknya, panel layar laptop kerja Asus yang satu ini tidak hanya menawarkan teknologi layar sentuh, tetapi juga sudah mengusung panel OLED 4K beresolusi tinggi yang mampu membuat semua kontan tampak sangat tajam.--

Secara keseluruhan, kinerja gaming ProArt P16 sangat baik dan hasilnya berada pada level yang Pengguna harapkan dari laptop RTX 4070. 

Bahkan game terkini berjalan dengan mudah dalam resolusi QHD. Sebaliknya, untuk resolusi 4K asli, Pengguna harus menggunakan upsampling seperti teknologi DLSS Nvidia untuk judul yang menuntut. 

BACA JUGA:Laptop Asus Vivobook Go 14 Flip (TP1400), Tampil Makin Segar dengan Desain Flip dan Performa Menawan

BACA JUGA:Vivo Y11 Hadir dengan Dual Kamera Belakang dan Desain Menarik yang Nyaman Digenggam

Dalam putaran game Cyberpunk, Pengguna mungkin akan menemukan masalah yang menarik dan dapat direproduksi. 

Meskipun kinerja grafis dan kinerja keseluruhan dalam uji stres (lihat bagian suhu) tetap sepenuhnya stabil, dalam 42 menit pertama, kinerja gaming di Cyberpunk terus menurun. 

Ini dapat dilihat dengan jelas saat mengevaluasi data CPU/GPU, namun, setelah 42 menit, kinerja kembali ke level awalnya dan juga tetap stabil pada level ini. 

Untuk laptop varian GeForce RTX 4070 khusus. Konsumsi daya maksimumnya adalah 105 watt (85 watt TGP + 20 watt Dynamic Boost) dan peralihan grafis dilakukan oleh teknologi Optimus standar. Untuk tugas yang tidak terlalu berat, komputasi grafis ditangani oleh Radeon 890M terintegrasi.

BACA JUGA:Laptop Asus ROG Strix Scar 16 Punya Performa Berapi-api dan Kecemerlangan Mini LED

BACA JUGA:Rekomendasi Laptop ASUS Rp5 Jutaan, Pilihan Tepat untuk Pelajar dan Mahasiswa

Dalam benchmark GPU, performanya berada pada level yang sama dengan pesaing RTX 4070 lainnya, tetapi laptop RTX 4080 yang terdapat di Zenbook Pro 16X (maks. 140 watt) dapat dimengerti (dan terasa) lebih cepat. 

GPU M3 Max Apple juga jauh lebih cepat dan memiliki keuntungan karena memiliki akses ke semua RAM, sementara VRAM 8 GB laptop RTX 4070 dapat dengan cepat menjadi hambatan, terutama saat mengedit video.

Menariknya, dibawah beban berkelanjutan, GPU tetap stabil sepenuhnya. Dalam mode baterai, RTX 4070 diizinkan untuk menggunakan daya maksimum 42 watt, itulah sebabnya kinerja GPU secara signifikan lebih rendah dalam kasus ini (-35%).

Sistem pendingin terdiri dari tiga kipas dan, meskipun kami mengalami masalah dalam mengendalikan kipas ketiga dalam pengujian kami dengan ROG Zephyrus G16, masalah tersebut telah teratasi. 

BACA JUGA:Rekomendasi Laptop Asus Untuk Mahasiswa, Didukung Performa Lancar dan Kuat Untuk Belajar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: