Ternyata Jembatan Ogan Kertapati yang Akan Direnovasi Sempat Jadi Ikon Kota Palembang, Ampera Minder

Ternyata Jembatan Ogan Kertapati yang Akan Direnovasi Sempat Jadi Ikon Kota Palembang, Ampera Minder

Ternyata Jembatan Ogan Yang Akan Direnovasi Sempat Jadi Ikon Kota Palembang, Ampera Minder--

“Artinya Jembatan ini menjadi salah satu ikon kota Palembang di bidang Infrasturktur “Jalan dan Jembatan” sebelum jembatan Ampera ada dan punya sejarah panjang dan merupakan saksi bisu perjuangan rakyat melawan Belanda di Palembang pada masa itu yang harus kita rawat dan jaga bersama,” kata Kemas A.R Panji.

Kemas menambahkan, bahwa pada masa Revolusi fisik terutama saat perang Gerilya antara pejuang Palembang (Sumatera Selatan) melawan penjajah Belanda yang ingin kembali menguasai wilayah Palembang.

BACA JUGA:UPDATE! Tim SAR Gabungan Akhirnya Temukan Pekerja Jembatan Ogan Kertapati, Kondisinya?

BACA JUGA:Tim SAR Cari Pekerja Jembatan Ogan Kertapati yang Hanyut dan Tenggelam Setelah Terjatuh ke Sungai Musi

Jembatan Ogan ini, menjadi wilayah yang di blokade oleh Belanda sehingga satu-satunya cara yang harus dilakukan oleh pejuang adalah pertempuran secara langsung (kontak Fisik), untuk melumpuhkan pos penjagaan yang ada di atas Jembatan dan Muara Sungai Ogan.

Hingga kini, jembatan yang diperkirakan telah berumur hampir seratus tahun ini masih berdiri kokoh sebagai akses penghubung utama warga masyarakat dalam aktifitas sehari-hari.

Meski demikian, jembatan yang ternyata memiliki saudara kembar di daerah Baturaja ini seiring dengan kemajuan zaman dan mobilitas yang tinggi dari masyarakat yang hilir mudik.

Maka, pada dekade era tahun 90an oleh pemerintah saat itu dibuatkan jembatan pendamping berstruktur baja tepat disamping Jembatan Ogan.

BACA JUGA:Pekerja Perbaikan Jembatan Ogan Kertapati Jatuh ke Sungai Musi, Tenggelam Diduga Tak Bisa Berenang

BACA JUGA:Jembatan Ogan, Kertapati, Sempat Dinamakan Jembatan Wilhelmina

Saat ini, kondisi Jembatan Ogan akan segera dilakukan peremajaan atau renovasi yang bakal dikerjakan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sumatra Selatan.

Jembatan Ogan Kertapati Palembang ditutup mulai hari ini Kamis, 18 Juli hingga 6 Agustus 2024 mendatang.

Namun masyarakat tidak perlu khawatir, selama masa proses perbaikan arus kendaraan nantinya bakal dialihkan ke jembatan duplikasi atau Jembatan lainnya yang tepat berada di sebelahnya.

"Selama proses perbaikan, nanti kita dari Satlantas Polrestabes Palembang bakal menempatkan beberapa petugas untuk melakukan pengaturan lalin agar tidak terjadi kemacetan atau penumpukan kendaraan di lokasi jembatan yang tengah diperbaiki itu," jelas Kasat Lantas Polrestabes Palembang, AKBP Yenny, Kamis 18 Juli 2024.

BACA JUGA:Jembatan Ogan 3, Pegayut Sudah Bisa Dilintasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: