Aturan Baru: Jemaah Umrah Wajib Vaksin Meningitis Mulai 2024!

Aturan Baru: Jemaah Umrah Wajib Vaksin Meningitis Mulai 2024!

Aturan baru jamaah umrah wajib vaksin meningitis. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

Yakni berdasarkan nota diplomatik Kedutaan Kerajaan Arab Saudi tanggal 20 Mei 2024 melalui Kementerian Luar Negeri nomor 211-4239.

Terkait itu pemerintah Arab Saudi telah memperbarui ketentuan kesehatan pada jamaah haji dan umrah melalui 'Umrah Health Requirements and Recommendations for Travelers to Saudi Arabia for Umrah - 1445 H (2024)'.

BACA JUGA:Menag Yaqut Sebut Jemaah Haji 2023 Tak Lagi Wajib Vaksin Meningitis

BACA JUGA:Dirjen PHU: Vaksin Meningitis Hanya Sebatas Anjuran, Bukan Kewajiban

Untuk diketahui, persyaratan ini sebagai bagian dari upaya pemberian perlindungan khususnya pada jamaah yang memiliki komorbid.

Termasuk juga sekaligus pencegahan terhadap penyakit menular.

Seperti di pada tahun 2022 lalu, Arab Saudi sempat tak mewajibkan para calon jemaah umrah untuk melakukan vaksinasi Meningitis bila hendak beribadah umrah ke Arab Saudi. 

Namun untuk tahun 2024 sudah berbeda, dimana jamaah yang akan menunaikan ibadah umrah wajib vaksin meningitis terlebih dahulu. 

BACA JUGA:Stok Vaksin Meningitis Menipis, Jemaah Umrah Terancam Batal

BACA JUGA:Vaksin Meningitis Langka, Calon Jemaah Umrah Sumsel Terancam Tertunda?

Untuk diketahui vaksin meningitis menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan sebelum seseorang akan bepergian ke luar negeri, terutama ke negara berstatus endemik meningitis, seperti Afrika Tengah dan Timur Tengah. 

Ini dikarenakan memiliki risiko penularan infeksi meningitis yang tinggi. Meningitis adalah peradangan pada selaput otak yang umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. 

Penyakit ini perlu diwaspadai karena berisiko menimbulkan komplikasi berbahaya, seperti gangguan pendengaran, masalah penglihatan, hingga kerusakan otak. Karena itu, sebagai upaya mencegahnya, penting bagi setiap individu untuk mendapatkan vaksinasi meningitis secara rutin sesuai dengan jadwal.

Vaksin meningitis juga menjadi salah satu syarat vaksin untuk ke luar negeri apabila ingin bepergian ke daerah endemik meningitis, seperti negara di Afrika Tengah, Timur Tengah, Tiongkok, Australia, dan Amerika Selatan. 

BACA JUGA:Jemaah Calon Haji Mulai Vaksin Meningitis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: