Puncak Kemarau Diprediksi Agustus dan September: Waspada Kebakaran Hutan di Lahan Gambut!

Puncak Kemarau Diprediksi Agustus dan September: Waspada Kebakaran Hutan di Lahan Gambut!

Puncak kemarau diprediksi Agustus dan September, saat ini lahan gambut masih basah. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Puncak kemarau tahun ini diprediksi Agustus dan September, ini berdasarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). 

Dimana Juli ini juga telah memasuki musim kemarau meskipun masih ada turun hujan. Baik dengan intensitas ringan dan sedang. 

"Di Juli ini sebenarnya sudah masuk musim kemarau malahan dari Juni kemarin. Tetapi masih ada turun hujan saat ini," ujar Kepala Manggala Agni Sumatera Daops XVII/OKI, Edi Satriawan SP. 

Dijelaskan Edi, dengan masih adanya turun hujan sampai saat ini, maka diprediksi untuk puncak kemarau bisa terjadi di Agustus dan September nanti. 

BACA JUGA:Warning Karhutla! 2 Titik Api Ditemukan di Banyuasin, BPBD: 6 Hektare Lahan Hangus Terbakar

BACA JUGA:Musim Kemarau Memicu Ancaman Karhutla di OKI, Siaga Darurat Diterapkan!

Lalu, untuk lahan gambut yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan rawan terbakar di musim kemarau untuk saat ini kondisinya masih basah

"Kalau untuk sampai saat ini kondisi lahan gambut yang rawan terbakar pada musim kemarau masih aman karena kondisinya basah," jelas Edi, saat dikonfirmasi, SUMEKS.CO, Minggu 14 Juli 2024.

Selain itu, lanjut Edi, Manggala Agni dalam menghadapi musim kemarau telah bersiap. Yakni melalui patroli mandiri dan patroli terpadu (Gabungan). 

"Patroli mandiri sebenarnya sudah dilaksanakan sejak April lalu hingga berlanjut sampai saat ini. Lalu ditambah adanya patroli gabungan," ungkapnya. 

BACA JUGA:Ajak Stakeholder Tingkatkan Kesiagaan, Pemerintah OKI Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Antisipasi Karhutla

BACA JUGA:Manggala Agni Siap Siaga Hadapi Musim Kemarau, Personel Ditambah untuk Cegah Karhutla!

Masih kata Edi, kegiatan patroli mandiri dan gabungan yang dilakukan di wilayah Kabupaten OKI adalah untuk pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang sering terjadi di musim kemarau. 

Tak hanya itu, disampaikan Edi, di tahun ini guna pencegahan dan penanggulangan karhutla, Manggala Agni Sumatera Daops XVII/OKI menambah personelnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: