Antisipasi Karhutbunla, Polsek Tulung Selapan Cek Sarpas dan Petugas RPK Perusahaan

Antisipasi Karhutbunla, Polsek Tulung Selapan Cek Sarpas dan Petugas RPK Perusahaan

Polsek Tulung Selapan antisipasi karhutbunla cek sarpas dan petugas RPK perusahaan. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sangat luas, terdiri dari 18 Kecamatan yang tersebar. Dimana luasannya ada lahan gambut yang rawan terbakar dimusim kemarau. 

Dimana pada Juni dan Juli ini berdasarkan rilis BMKG telah memasuki musim kemarau. Meskipun masih ada turun hujan dan termasuk di Kabupaten OKI. 

Guna mengantisipasi kebakaran hutan kebun dan lahan (Karhutbunla) khsususnya di Kecamatan Tulung Selapan, membuat Polsek Tulung Selapan melakukan pengecekan sarana prasarana (Sapras) dan petugas regu pemadam kebakaran (RKP) di perusahaan. 

"Iya, kemarin Selasa, 9 Juli 2024 Polsek Tulung Selapan kita melakukan pengecekan sapras dan petugas RPK perusahaan PT Samora Usaha Jaya," kata Kapolres OKI, AKBP Hendrawan Susanto SH SIk, melalui Kapolsek Tulung Selapan, AKP Budhi Santoso SH. 

BACA JUGA:Manggala Agni Siap Siaga Hadapi Musim Kemarau, Personel Ditambah untuk Cegah Karhutla!

BACA JUGA:Patroli Terpadu Cegah Karhutla di Kabupaten OKI, Upaya Berkelanjutan Melindungi Hutan dan Lahan

Dijelaskan Kapolsek, pengecekan sapras dan petugas RPK yang dilakukan kemarin itu bertempat di PT Samora Usaha Jaya Desa Simpang Tiga, Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten OKI. 

"Kegiatan ini kita lakukan bertujuan mengantisipasi Karhutbunla 2024 di wilayah hukum Polsek Tulung Selapan," ungkap Kapolsek, Rabu 10 Juli 2024.

Masih dikatakan Kapolsek, adanya kegiatan ini, dapat melihat sejauh mana kesiapan dari perusahaan dalam mengantisipasi karhutbunla di wilayah Kecamatan Tulung Selapan. 

Termasuk, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan pihak OT Samora Usaha Jaya dalam memitigasi karhutbunla. Yakhi berupaya pencegahan terjadinya kebakaran lahan karena cuaca sudah mendekati musim kemarau.

BACA JUGA:RPK Perusahaan di OKI Ikuti Pelatihan Cegah Karhutla

BACA JUGA: Wantannas RI Dampingi Pemkab OKI Susun Strategi Mitigasi Karhutla Cegah Kebakaran Lahan dan Hutan

"Kita juga mengecek dan memastikan kesiapan dari PT Samora Usaha Jaya khususnya team RPK nya. Termasuk kesiapan peralatan pemadam kebakaran yang sudah dipersiapkan oleh pihak perusahaan," jelasnya. 

Sambung Kapolsek, dalam mengantisipasi dan pencegahan karhutbunla juga telah melaksanakan patroli bersama dengan pihak perusahaan. Ini jelas berguna mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan diareal perkebunan PT Samora Usaha Jaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: