450 Jemaah Haji Kloter 8 Debarkasi Palembang Pulang, 2 Orang Tanazul dengan Alasan Mendesak

450 Jemaah Haji Kloter 8 Debarkasi Palembang Pulang, 2 Orang Tanazul dengan Alasan Mendesak

Jemaah haji asal Kloter 8 Debarkasi Palembang tiba di Bandara SMB II Palembang, Selasa siang, 2 Juli 2024.--

"Sedangkan jemaah yang sakit dan masih dirawat di Arab Saudi, akan dipantau kondisinya. Bila membaik dan dinyatakan laik terbang, jemaah tersebut akan diberangkatkan bersama kloter-kloter berikutnya," sambung Syafitri. 

Sementara itu, Ketua Kloter 8, Al Muzakir Robinson dalam laporannya menjelaskan, saat berangkat ke Tanah Suci, kloter 8 berjumlah 450 orang. 

Pada masa pemulangan, ada dua jemaah yang pulang lebih awal yaitu Herman Afandi bersama kloter 4 dan Romli Muid Seman bersama kloter 5. 

Namun ada dua jemaah dari kloter 17 yang bergabung pulang (tanazul) bersama kloter 8, yaitu Darwan Djono (73) dan Akhmad Fauzi (65), keduanya dari Palembang. 

"Sehingga total jemaah yang kembali hari ini tetap berjumlah 450 orang," jelas Muzakir. 

BACA JUGA:Fase Pemulangan KNO 03 Delay 12 Jam, Jemaah Haji Ungkap Kekecewaan Terhadap Garuda Indonesia

BACA JUGA: PPIH Siap Sambut Kedatangan Ratusan Ribu Jemaah Haji Gelombang Kedua di Madinah

Pada kesempatan itu, Muzakir juga mengucapkan terima kasih kepada panitia embarkasi/debarkasi, PPIH Arab Saudi, dan para jemaah haji atas dukungan dan kerjasamanya sehingga proses perjalanan ibadah haji yang dilalui kloter 8 dapat berjalan lancar. 

"Kami telah berusaha maksimal untuk memberikan pelayanan. Namun tentu masih ada kekurangan dan kelemahan. Kami mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya," pinta Muzakir.  

Sebelumnya, pada 1 Juli 2024, sedikitnya 449 jemaah haji asal Debarkasi Palembang juga tiba di Kota Palembang. 

Pulang dari menjalankan ibadah haji, antara lain, dua jemaah usia muda yang memuji pelayanan petugas selama proses pelaksanaan ibadah haji. 

Putri Masya Adira, remaja 19 tahun asal Palembang, salut dengan kesigapan petugas membantu jemaah haji. Terutama jemaah lanjut usia. 

BACA JUGA:234 Jemaah Haji Indonesia Wafat di Tanah Suci, Catatan Penting untuk Musim Haji Berikutnya

BACA JUGA:Kloter 3 Debarkasi Palembang Tiba di Tanah Air, 448 Jemaah Haji Mendarat dengan Selamat

"Kita banyak terimakasih kepada petugas yang selalu sigap dan siap membantu jemaah. Di Mina contohnya, banyak jemaah yang lelah, petugas saya lihat sigap mendorong jemaah lansia. Aku salut sih, banyak-banyak terimakasih," tutur Putri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: