Mendunia, Syal Jumputan Hasil Karya WBP Jadi Cinderamata Pada Criminal Justice Forum di Tokyo

Mendunia, Syal Jumputan Hasil Karya WBP Jadi Cinderamata Pada Criminal Justice Forum di Tokyo

Dalam rangkaian acara the 3rd Criminal Justice Forum for Asia and Pacific (Crim-AP), hasil karya warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Palembang berhasil mencuri perhatian.--

JEPANG, SUMEKS.CO - Dalam rangkaian acara the 3rd Criminal Justice Forum for Asia and Pacific (Crim-AP), hasil karya warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Palembang berhasil mencuri perhatian.

Beragam motif syal dari kain jumputan khas kota Palembang dijadikan cinderamata pada acara yang diselenggarakan di Tokyo, Jepang, dari tanggal 23-26 Juni 2024 ini.

Cinderamata diberikan dalam pertemuan Bilateral Meeting antara Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) dengan Ministry of Justice Jepang (MoJ) dan United Nations Asia and Far East Institute for the Prevention of Crime and the Treatment of Offenders (UNAFEI).

Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Palembang, Minggu (30/6) menjelaskan, pertemuan ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama dalam bidang peradilan pidana, pertukaran informasi, serta peningkatan kapasitas di antara kedua negara.

BACA JUGA:Ratu Dewa Dorong Ponpes Minhajul Aulia Adopsi Kurikulum Kekinian

BACA JUGA:Konten Kreator Diminta Tidak Eksploitasi Kecantikan Gadis-gadis Baduy, Diduga Terkait Kasus Rumsyah dan Monti

Hasil karya warga binaan LPP Palembang yang dipersembahkan, kata Ike, tak hanya sekadar simbol penghormatan, tetapi juga merupakan bukti nyata dari keberhasilan program pembinaan keterampilan yang diterapkan di LPP.

Proses pembuatan kain jumputan melibatkan beberapa tahap yang memerlukan ketelitian dan keahlian khusus dari warga binaan, dimana sebelumnya mereka telag mengikuti kegiatan kerja pelatihan batik jumputan dan menjahit.

“Cinderamata yang diberikan pada pertemuan bergengsi tersebut diproduksi dengan penuh dedikasi oleh warga binaan Lapas Perempuan Palembang”, ujarnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan Dr. Ilham Djaya turut berbangga atas hasil karya WBP Lapas Perempuan Palembang yang berhasil ‘Go Internasional’.

BACA JUGA:Mantan Pelatih dan Pemain Legendaris Sriwijaya FC Rindu Masa Kejayaan, Kayamba: Ayo Bangkit Seperti Dulu!

BACA JUGA:Viral 12 Kades di Prabumulih Dapat Mobil Dinas, Pj Wako: Bukan untuk Kepentingan Priadi

Diantaranya banyaknya program pembinaan yang telah dijalani, keterampilan menjahit dan memproduksi kerajinan dari kain jumputan ini membuktikan bahwa kualitas produk yang dihasilkan dapat diterima sampai mancanegara.

“Ini adalah bukti konkret bahwa menjadi warga binaan di dalam lapas tidak menjadi penghambat untuk melakukan kreativitas. Saya sangat mengapresiasi konsistensi program pembinaan ini”, kata Ilham Djaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: