Disbunnak OKI Intensifkan Pemeriksaan Antemortem, Pastikan Hewan Kurban Sehat

Disbunnak OKI Intensifkan Pemeriksaan Antemortem, Pastikan Hewan Kurban Sehat

Tim Disbunnak OKI periksa Antemortem hewan kurban di sejumlah Masjid. Foto : Niskiah/Sumeks.Co--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - H-1 pelaksanaan hari raya iduladha, tim dari Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melakukan pemeriksaan antemortem atau pemeriksaan sebelum disembelih atau dipotong hewan kurban di sejumlah masjid-masjid. 

"Hari ini H-1 lebaran iduladha sejumlah hewan kurban yang ada di masjid-masjid dilakukan pemeriksaan antemortem atau pemeriksaan sebelum dipotong," ungkap Kepala Disbunnak Kabupaten OKI, Dedi Kurniawan SSTP MSi melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Sadi Purwanto SP MSi. 

Dijelaskan Sadi, jadi semua tim yang terdiri dari dokter hewan dan para medik, meriksa hewan kurban yang sudah ada di masjid-masjid. Yakni diperiksa mengenai cukup umurnya ada tidak. Dimana menjadi persyaratan untuk menjadi hewan kurban. 

"Tadi untuk hewan kurban yang sudah ada di masjid-masjid diperiksa oleh dokter hewan kita," ujar Sadi, didampingi dokter hewan Wahyuni Azani, Minggu 16 Juni 2024.

BACA JUGA:Besok, Polres OKI Potong Hewan Kurban, 6 Ekor Sapi dan 7 Kambing

BACA JUGA:Berikut Deretan 5 Sapi Jumbo di Indonesia 2024 Berbobot 1 Ton Lebih, Cocok Untuk Jadi Hewan Kurban Idul Adha

Dikatakan drh Wahyuni Azani, tadi tim nya melakukan pemeriksaan antemortem hewan kurban di Masjid Al Faruq Polres OKI. Disana ada 6 ekor sapi, 1 kerbau dan 7 ekor kambing. 

Semuanya dilakukan pemeriksaan antemortem. Sehingga nantinya saat dipotong daging kurban yang akan didistribusikan memang layak untuk dikonsumsi. 

"Tadi juga tim kita melakukan pemeriksaan hewan kurban di Masjid Agung As Sholihin. Disana 12 ekor sapi dan 8 ekor kambing," jelasnya. 

Lanjut drh Wahyuni, semuanya dilakukan pemeriksaan antemortem satu persatu. Di masjid Agung As Sholihin dilaksanakan 2 hari pemotongan karena banyak. 

BACA JUGA:Sambut Idul Adha 1445 H! PT Pusri Palembang Salurkan Hewan Kurban untuk Warga di Wilayah Perusahaan

BACA JUGA:Peduli Masyarakat, Pelindo Regional 2 Palembang Salurkan Hewan Kurban

Lalu, sambungnya, untuk masjid-masjid di Kelurahan Tanjung Rancing juga dilakukan pemeriksaan antemortem hewan kurbannya. Yaitu di masjid Al Anshori dan Nurul Iman. 

"Sengaja tim melakukan pemeriksaan hewan kurban di H-1 karena sejumlah hewan kurban telah datang di masjid-masjid sehingga bisa diperiksa," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: