Tahun Ini, Pemkot Palembang Kembali Sukses Raih Status WTP dari BPK RI Sumsel, Bukti Komitmen Ratu Dewa!

Tahun Ini, Pemkot Palembang Kembali Sukses Raih Status WTP dari BPK RI Sumsel, Bukti Komitmen Ratu Dewa!

PJ Wako Palembang Ratu Dewa menerima penyerahan laporan WTP dari Ketua BPK RI Sumsel Andri Yogama, Kamis 30 Mei 2024.-Foto: dok sumeksco-

Adapun yang jadi perhatian yakni berkaitan dengan masalah kegiatan yang dikelola oleh Dinas PU, Aset , Dinas Pendidikan dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainya.

 " Kami ucapkan terimakasih jajaran BPK Sumsel termasuk suport dari DPRD dan seluruh warga kota Palembang, semoga ini adalah pertanda baik apalagi dalam waktu dekat ini memperingati HUT Palembang," bebernya.

Sementara itu, Kepala BPK Sumsel Andri Yogama menjelaskan, pemeriksaan terhadap laporan keuangan bertujuan memberikan opini tentang kewajaran penyajian laporan keuangan.

BACA JUGA:BPKP Perwakilan Sumsel Akan Lakukan Pendampingan Khusus untuk Pemkot Palembang, Target 2024 Tembus WTP

BACA JUGA:Bangga! Pemprov Sumsel Raih Predikat Opini WTP yang ke-10 pada Tahun 2024

"Opini merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan," ujar dia.

Hal itu sesuai Pasal 20 Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang pemeriksaan pengelolaan.

Tanggung jawab keuangan negara, mengamanatkan bahwa pejabat wajib menindaklanjuti rekomendasi laporan hasil pemeriksaan selambat-lambatnya 60 hari setelah laporan hasil pemeriksaan diterima.

Berkenaan dengan laporan hasil pemeriksaan ini, lanjut Ketua BPK, jika pimpinan ataupun anggota DPRD memerlukan penjelasan lebih lanjut atas substansi LHP, maka DPRD dapat mengusulkan pertemuan konsultasi dengan BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan.

.BACA JUGA:Bentuk Pengabdian, PJ Walikota Ratu Dewa Bakal Naikkan Jabatan Lurah Berprestasi

BACA JUGA:Pj Gubernur Agus Fatoni Berharap Pemprov Sumsel Kembali Raih Predikat Opini WTP yang Ke-10 dari BPK RI

"Untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut atas materi hasil pemeriksaan yang dirasakan belum jelas, semoga hasil pemeriksaan ini memberikan manfaat bagi DPRD dalam pengambilan keputusan." 

Juga sebagai bahan evaluasi bagi Kepala Daerah dan jajarannya dalam mengambil langkah-langkah yang tepat untuk meningkatkan kinerja dalam mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik," tutupnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: