Pemkab Muara Enim Sosialiasi Pembangunan Talud Jembatan Enim I dan II

Pemkab Muara Enim Sosialiasi Pembangunan Talud Jembatan Enim I dan II

SOSIALIASI : Pemkab Muara Enim menggelar Sosialisasi Pelaksanaan Pembangunan Talud Sungai Enim sepanjang Jembatan Enim I-II di Pasar Mambo I Kelurahan Pasar II.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim telah mengambil langkah proaktif dengan mengadakan sosialisasi pelaksanaan pembangunan Talud Sungai Enim sepanjang Jembatan Enim I-II.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memastikan kelancaran proyek pembangunan talud dengan mencegah potensi gangguan teknis dan sosial selama pelaksanaannya.

Acara sosialisasi diadakan di Pasar Mambo I Kelurahan Pasar II Kecamatan Muara Enim, menunjukkan komitmen Pemkab Muara Enim untuk melibatkan masyarakat setempat dalam proses pembangunan, Selasa 28 Mei 2024.

Hadir dalam sosialisasi Plt Asisten II Mewakili pemerintahan daerah dalam mengawal proses pembangunan dan memastikan koordinasi yang baik antara berbagai pihak terkait, Unsur Forkopimda atau yang mewakili, Kepala Organisasi Perangkat Daerah terkait, para Ketua Organisasi Masyarakat dan Masyarakat sekitar Jembatan Enim I dan II.

Dalam sosialisasi tersebut, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Muara Enim, H Emran Tabrani, mewakili Bupati Muara Enim, menegaskan bahwa kegiatan sosialisasi ini bukanlah yang pertama kali dilakukan.

Sebelumnya, Pemkab Muara Enim dan pihak kontraktor telah melakukan berbagai upaya sosialisasi kepada masyarakat, khususnya yang tinggal di sekitar Jembatan Enim I dan II.

Upaya sosialisasi tersebut dilakukan melalui berbagai bentuk, seperti pemasangan poster dan imbauan langsung kepada masyarakat.

Hal ini menunjukkan komitmen Pemkab Muara Enim untuk memastikan bahwa masyarakat mendapatkan informasi yang cukup mengenai proyek pembangunan talud Sungai Enim.

Dengan memberikan informasi yang jelas dan transparan, diharapkan masyarakat dapat memahami tujuan, manfaat, dan dampak dari proyek ini, sehingga dapat mendukung penuh pelaksanaan pembangunan.

Mengenai wacana untuk mengosongkan sekitaran area Pasar Mambo I yang nantinya akan dialihfungsikan sebagai lalu lintas alat berat, Asisten I menegaskan Pemerintah Kabupaten Muara Enim tidak akan menutup mata dan telinga terkait nasib para pedagang yang berjualan di Pasar Mambo I.

Dirinya mengatakan nantinya, para pedegang tersebut akan direlokasi sementara ke tempat lain. 

"Yakinlah pemerintah akan bersikap humanistik, tidak arogan. Untuk itu mohon dukungannya nanti akan kita carikan solusi bersama disekitaran pasar, depan golkar dan kantor pos. Kami pastikan bapak dan ibu dapat berdagang seperti biasanya,"tegas Emran.

Kemudian, menanggapi keresahan masyarakat sekitar akan premanisme yang kerap terjadi, Asisten I menegaskan bahwa selama proses pengerjaan pembangunan talud yang akan berlangsung selama kurang lebih 360 hari (satu tahun) kedepan, Pemkab Muara Enim akan bersinergi dengan pihak yang berwewenang untuk menjaga kondusifitas keamanan selama proses pengerjaan talud berlangsung.

Tak lupa, selama pengerjaanya nanti Asisten I menuturkan bahwa Pemkab Muara Enim akan mengupayakan pemberdayaan tenaga maasyarakat sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: