Mahalnya Biaya Kuliah Indonesia: Benarkah UKT Menjadi Beban Mahasiswa?

Mahalnya Biaya Kuliah Indonesia: Benarkah UKT Menjadi Beban Mahasiswa?

Mahalnya Biaya Kuliah Indonesia.--

Universitas Pelita Harapan

Biaya perkuliahan pada kampus ini berbeda tergantung dari jurusan yang diambil oleh mahasiswa. Namun jika dilihat rentang harga termurah dan termahal hingga lulus, berkisar di antara Rp 191,7 juta - Rp 899,5 juta. 

Komponen dalam biaya itu termasuk dari uang pangkal, uang fasilitas orientasi dan jas almamater, biaya perkuliahan semester I dan perkiraan biaya semester panjang dan semester pendek.

BACA JUGA:POCO F6 Meluncur Pertama di Dubai Harga Rp6 Jutaan Disokong SoC Snapdragon 8s Gen 3, Kapan Hadir di Indonesia?

BACA JUGA:Uang dan Handphone Dirampas, Wanita di Palembang Nyaris Jadi Korban Pemerkosaan, Begini Modus Pelaku

Jurusan biaya kuliah termahal merupakan kedokteran dengan uang pangkal mencapai Rp 160 juta dengan biaya semester Rp 63 juta dan uang fasilitas orientasi Rp 92,5 juta.

Lalu, biaya kuliah termurah dari jurusan Farmasi yang memakan biaya uang pangkal Rp 30 juta dengan biaya per semester Rp 17,7 juta dan uang fasilitas orientasi - jas almamater Rp 16 juta.

Adapun untuk jurusan seperti Komunikasi, desain komunikasi visual, hukum, dan manajemen, perkiraan biaya kuliah hingga lulus di angka Rp 214 - Rp 246 juta.

Universitas Prasetiya Mulya

Dalam laman websitenya tidak secara spesifik biaya perkuliahan tiap jurusan. Namun diterangkan biaya untuk pendaftaran atau ujian seleksi mencapai Rp 500 ribu, biaya pengembangan Rp 85 juta, biaya pengembangan kelas 10 & 11 Rp 70 juta, uang kuliah tetap Rp 12 juta, biaya SKS Rp 500 ribu/SKS, biaya praktek Rp 3 juta, biaya orientasi Rp 4,8 juta.

BACA JUGA:Menjelang Iduladha, Ini Imbauan Polisi kepada Peternak untuk Mencegah Aksi Pencurian

BACA JUGA:Oppo Find X7 Ultra, Memiliki Kamera Hebat yang Ditandemkan dengan Panel AMOLED LTPO 120 Hz

Artinya jika dijumlahkan dengan biaya SKS full satu semester yang berjumlah 24, biaya kuliah untuk semester pertama mencapai Rp 184,6 juta.

Bina Nusantara (Binus) 

Binus juga memiliki biaya kuliah yang beragam tiap jurusan begitu juga dengan lokasi kampus. Seperti kampus yang berada di Jakarta dan sekitar jurusan ilmu komputer di semester pertama pertama mencapai Rp 81 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: