1 Jemaah Haji Kloter 10 Embarkasi Palembang Berusia 84 Tahun, Tertunda Keberangkatan Karena Sakit

1 Jemaah Haji Kloter 10 Embarkasi Palembang Berusia 84 Tahun, Tertunda Keberangkatan Karena Sakit

Jemaah haji Kloter pertama gelombang kedua diberangkatkan menuju Jeddah, satu jemaah haji terpaksa ditunda keberangkatan. --

Dengan keberangkatan Kloter 10, lanjut Armet, Embarkasi Palembang saat ini sudah memberangkatkan 4.487 jemaah haji. 

Rinciannya, Sumsel 3.328, Bangka Belitung 1.109, dan 50 petugas Kloter. Saat ini kloter 1,2,3, dan 4 sudah berada di Mekkah, setelah menjalani Arbain selama delapan hari di Madinah. Adapun kloter 5 sampai 9 masih berada di Madinah.  

"Alhamdulillah, sejauh ini kondisi jemaah haji Embarkasi Palembang di Tanah Suci secara umum dalam keadaan sehat dan baik," ucapnya. 

Kemenag Sumsel tetap mengimbau kepada jemaah untuk menjaga fisik dan kesehatan mengingat kondisi cuaca di Arab Saudi saat ini sangat panas. 

"Rutin minum air putih, gunakan pelindung seperti payung, masker, dan alas kaki ketika keluar dari hotel," pesan Armet.

BACA JUGA:Hari ke-10 Pemberangkatan, 7 Jemaah Haji Indonesia Wafat di Madinah

BACA JUGA:Dari 450 Jemaah Haji Kloter 7 Embarkasi Palembang, 248 Orang Dinyatakan Risti Penyakit

Terpisah, Ketua Kloter 3 Embarkasi Palembang, H Saefudin Latif, menginformasikan dari Mekkah, bahwa saat ini sejumlah jemaah haji sedang beristirahat. 

"Banyak yang kelelahan, karena menempuh perjalanan sembilan jam dari Madinah ke Mekkah dengan menggunakan bus salawat," ujarnya. 

Untuk memastikan para jemaahnya, Saefudin menambahkan, tim dokter yang tergabung di dalam Kloter 3 Embarkasi Palembang intens melakukan pemeriksaan kesehatan para jemaah. 

""Rata-rata jemaah masih mengalami kelelahan, setelah perjalanan dari Madinah ke Mekkah dan langsung melaksanakan umroh wajib. Tim dokter juga rutin melakukan pemeriksaan," ungkapnya. 

Saefudin menyebut, hotel tempat menginap jemaah haji Kloter 3 Embarkasi Palembang, berada 2 kilometer lebih dari Masjidil Haram. 

"Sebagian besar jemaah haji kita melaksanakan salat di Masjidil Haram, tapi banyak pula yang beristirahat di hotel saja," tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: