Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional, Kapolda Sumsel Ajak Menghargai dan Kenang Jasa Pahlawan

Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional, Kapolda Sumsel Ajak Menghargai dan Kenang Jasa Pahlawan

Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK pimpin upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-116.-Foto: dokumen/sumeks.co-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK pimpin upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-116 di halaman upacara Mapolda Sumsel, Senin 20 Mei 2024.

Irjen Pol A Rachmad Wibowo mengatakan, bahwa Hari Kebangkitan Nasional yang ke-116, tidak terlepas dari perjuangan panjang bangsa Indonesia.

Dalam meraih kemerdekaan bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa agama yang tersebar di 17.000 pulau dipecah oleh penjajah Belanda.

"Penderitaan kesulitan dialami oleh leluhur-leluhur kita sehingga pada tahun 1908 berdiri sebuah perkumpulan yang bernama Budi Utomo," ujarnya.

BACA JUGA:Kakanwil Harun Sulianto Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-115 Tahun 2023

BACA JUGA:Lapas Sekayu Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-115

Di situ ditegakkan dan ditekadkan dibulatkan Indonesia harus mandiri Indonesia harus bersatu Indonesia harus bangkit untuk mengurus diri sendiri perjalanan panjang.

Dari 1908 sampai 1945 akhirnya Indonesia berhasil mendeklarasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, kemerdekaan yang diproklamirkan tersebut tidak dengan mudah.


Kapolda Sumsel pimpin upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-116.-Foto: dokumen/sumeks.co-

Ia menuturkan, bahwa diakui oleh negara negara didunia sebagaimana diketahui untuk menjadi suatu negara harus punya wilayah, harus punya penduduk, harus punya pemerintahan dan harus diakui oleh dunia.

"Kita harus menghargai dan mengenang jasa para pahlawan kita karena tanpa beliau dan tanpa para almarhum tanpa para pejuang kita tidak bisa menikmati kemerdekaan seperti ini," jelasnya.

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Gelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-115

BACA JUGA:Lapas Kayuagung Gelar Upacara Harkitnas ke-115

Jenderal Bintang dua ini menerangkan bahwa makna kebangkitan nasional pada pagi hari ini berkaitkan dengan pelaksanaan tugas pokok Kepolisian Negara Republik Indonesia pada prinsipnya semua instansi yang ada di publik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: