Tips Journaling untuk Pemula, Bisa Memulai Menulis Catatan Harian, Baik untuk Kesehatan Mental!

Tips Journaling untuk Pemula, Bisa Memulai Menulis Catatan Harian, Baik untuk Kesehatan Mental!

Tips memulai Journaling bagi pemula, memulai catatan harian yang memiliki banyak manfaat termasuk kesehatan mental. --

SUMEKS.CO - Menulis jurnal atau catatan harian adalah kegiatan journaling yang bisa memberikan banyak manfaat, terutama untuk kesehatan mental.

Bagi pemula untuk memulai journaling, berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan agar konsisten. 

Journaling adalah alat pengembangan diri yang melibatkan menulis pikiran dan perasaan. Ini adalah cara untuk mengungkapkan dan memproses emosi terkait peristiwa. 

Berikut tips memulai journaling bagi pemula dan manfaatnya yang perlu diketahui, simak diantaranya:

BACA JUGA:7 Trik Ampuh Meningkatkan Kinerja HP Android dan Optimalkan Performa, Anti Lemot!

BACA JUGA:7 Cara Efektif untuk Mengubah Lahan Kosong Belakang Rumah Menjadi Lebih Produktif

Pilih media jurnal yang sesuai: bisa menggunakan buku jurnal fisik atau mencatatnya di aplikasi smartphone, tablet, atau laptop. Pilih sarana yang sesuai dengan kebutuhan dan kesukaanmu. 

Tentukan topik yang akan ditulis : Buat daftar tentang topik apa saja yang ingin kamu tulis dalam jurnal. Mulai dari menulis keseharianmu, perasaan yang kamu rasakan saat itu, hingga hal-hal yang kamu syukuri sepanjang tahun. Jika kamu menulis di media digital, kamu bisa bercerita tentang pengalaman kerja atau sekolah. 

Buat jadwal rutin untuk menulis : Pilih waktu yang tepat sesuai dengan jadwal harianmu. Misalnya, menulis jurnal di pagi hari ketika pikiran masih segar atau di malam hari setelah semua aktivitas selesai. Pastikan journaling menjadi kegiatan rutin harianmu.

Tulis dengan gaya bahasamu sendiri tak perlu khawatir tentang kesempurnaan. Yang penting, kamu bisa mengutarakan semua pikiranmu dalam jurnal. Seiring berjalannya waktu, kamu akan menemukan gaya tulisan yang sesuai denganmu. 

BACA JUGA: 6 Tips Rutinitas Pagi Hari yang Bisa Meningkatkan Produktivitas dan Tidak Mager

BACA JUGA:Mau Tambah Energi di Pagi Hari, Yuk Dicoba Minuman Satu Ini

Mulai dari hal kecil : Jangan merasa terbebani untuk menulis hal besar. Mulailah dengan menulis hal-hal kecil yang terjadi sehari-hari. Setiap kata yang kamu tulis memiliki nilai dan arti tersendiri. 

Tulis emosi yang dirasakan : Jurnal adalah tempat yang baik untuk mengekspresikan emosi. Tulis apa yang kamu rasakan, baik itu senang, sedih, atau bahkan marah. Ini membantu kamu memahami diri sendiri lebih baik. Ingatlah bahwa journaling adalah tentang proses, bukan hasil akhir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: