Layanan Fast Track untuk Jemaah Haji Indonesia, Tak Perlu Lagi Pemeriksaan Imigrasi di Arab Saudi

Layanan Fast Track untuk Jemaah Haji Indonesia, Tak Perlu Lagi Pemeriksaan Imigrasi di Arab Saudi

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, memberikan apresiasinya kepada Pemerintah Arab Saudi yang telah memberikan tambahan layanan fast track kepada jemaah haji Indonesia tahun ini. --

SUMEKS.CO - Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Arab Saudi yang telah memberikan dan menambah layanan fast track bagi jemaah haji Indonesia

Apresiasi ini disampaikan Menteri Agama RI, saat memberikan keterangan pers usai meninjau layanan fast track serta melepas keberangkatan Kloter pertama di Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu, 12 Mei 2024.

Sebagaimana diketahui, fast track merupakan fasilitas preclearance atau pemeriksaan dokumen jemaah haji oleh Keimigrasian Pemerintah Arab Saudi di Indonesia. 

Fast track awalnya hanya dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. 

Mulai tahun ini, fast track juga dilakukan di Bandara Juanda Surabaya, dan Adi Soemarmo Surakarta. 

BACA JUGA:Embarkasi Palembang Siapkan Jalur Fast Track Bagi Jemaah Haji Lansia

BACA JUGA:Jadwal Terbaru Keberangkatan Jemaah Haji dari Embarkasi Palembang di Bandara SMB II Tahun 2024

Layanan fast track dapat menghemat waktu jemaah setibanya di bandara tujuan, baik Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah maupun King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah. 

Sebab, proses pengecekan dokumen keimigrasian atau pre departure clearance, seperti visa dan paspor, sudah dilakukan sejak di Bandara Soetta, Cengkareng, Bandara Juanda Surabaya, dan Bandara Adi Soemarmo Surakarta.

"Ini ikhtiar bersama Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Arab Saudi dalam memudahkan jemaah," katanya. 

"Atas nama Pemerintah Indonesia, saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Arab Saudi yang telah memberikan fasilitas fast track tambahan, selain di Jakarta, juga ada di Solo dan Surabaya," tambahnya. 

Dengan layanan ini, Menteri Agama RI berharap, semoga layanan ini dapat memberikan kemudahan, kebaikan, dan kelancaran bagi seluruh jemaah haji Indonesia. 

BACA JUGA:Cuaca Ekstrem Melanda Mekah dan Madinah, Suhu Panas Capai 40 Derajat Celcius, Ancam Keselamatan Jemaah Haji?

BACA JUGA:483 Koper Calon Jemaah Haji OKI Tiba di Kemenag, Ambil Segera!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: