Spesifikasi Hp Motorola Moto G04: Apa Saja Fitur Keunggulan yang Dimiliki dengan Harga yang Murah?

Spesifikasi Hp Motorola Moto G04: Apa Saja Fitur Keunggulan yang Dimiliki dengan Harga yang  Murah?

Moto G04 adalah hp yang sangat terjangkau bagi Kolektor yang hanya ingin memiliki perangkat yang simpel, mudah dijangkau saat bepergian, atau untuk hp kedua.--

SUMEK2S.CO - Kolektor mungkin tidak bisa mengharapkan banyak fitur unggulan dari smartphone harga sekitar Rp2 jutaan untuk sebuah hp android?

Motorola Moto G04 adalah hp yang terjangkau bagi Kolektor yang hanya ingin memiliki perangkat yang simpel, mudah dijangkau saat bepergian, atau untuk hp kedua.

Serunya, Motorola Moto G04 tidak hanya memiliki warna hitam klasik, Motorola juga menawarkan Moto G04 yang terjangkau dalam varian warna biru, hijau, dan oranye.

Bagian belakangnya terbuat dari plastik yang sedikit berkilauan dan memiliki hasil akhir matt. Akibatnya, magnet sidik jari tidak sebanyak itu.

BACA JUGA:Mengupas Performa Tangguh HP OPPO A97 dengan Kamera Berkualitas, Cocok Bagi Pecinta Fotografi

BACA JUGA:HP Xiaomi Lawas Jangan Buru-buru Dibuang, Bisa Diupdate ke HyperOS, Ini Syaratnya!


Varian warna Motorola Moto G04 --

Tidak diragukan lagi kalau hp ini dibuat dengan sangat kokoh; tekanan dan puntiran tidak mengganggu sama sekali dan tidak dapat menimbulkan suara berderit apa pun casing.

Transisi material ponsel juga sangat rapi dan modul kamera yang sedikit lebih tebal terlihat sangat elegan karena dilengkapi dengan sedikit lengkungan pada transisi ke belakang.

Bezel yang relatif tipis di sekitar layar juga mampu memberikan tampilan depan yang sangat modern dan stylish.

Hp Motorola Moto G04 ini memiliki ruang penyimpanan 128 GB dan RAM 8 GB, ukiran penyimpanan ini lebih dari cukup untuk kisaran harganya.

BACA JUGA:HP Poco F4 GT Performa Mengesankan, Smartphone Gaming Super Kencang Pilihan Menarik Bagi Para Gamer

BACA JUGA:Tips Memeriksa Kualitas Ponsel Bekas Sebelum Membeli Biar Dapat Hp Berkualitas, Yuk Simak Apa Saja


--

Ada jack headphone di tepi atas ponsel dan port USB-C di bagian bawah. Yang terakhir ini hanya terhubung secara internal melalui kecepatan USB 2.0, yang hampir tidak mempercepat transfer data.

Sangat menyenangkan melihat Motorola telah memasang NFC untuk layanan pembayaran nirkabel dan pembacaan tag.

Kemudian juga terdapat 2 slot SIM, ia juga dilengkapi slot kartu microSD khusus yang dapat Anda gunakan untuk memperluas penyimpanan hp.

Meskipun Motorola Moto G04 mendukung WiFi 5 menurut pabrikannya, hp ini tidak mampu mencapai kecepatan biasanya, bahkan setelah beberapa kali pengulangan selama pengujian.

BACA JUGA:4 Rekomendasi HP Android Bekas Harga Mulai Rp300 Ribuan, Termurah dan Masih Layak Jadi Pilihan

BACA JUGA:5 Rekomendasi HP Bekas Berkualitas Performa Terbaik yang Masih Layak Dipakai di Tahun 2024

Sebaliknya, hanya kecepatan WiFi 4 yang lambat yang memungkinkan sehingga membatasi kecepatan transfernya menjadi sekitar 50 Mbps.

Perangkat ini adalah ponsel 4G. Lalu hp ini dilengkapi dengan Android 14 yang terinstal dan hampir tidak ada yang berubah pada sistem operasi Google oleh Motorola.

Beberapa permainan sudah terinstal di telepon. Moto G04 bersertifikasi Widevine, artinya Kolektor dapat melakukan streaming dari sebagian besar platform streaming utama dalam kualitas HD.

Pabrikan menjanjikan pembaruan perangkat lunak setiap 2 bulan hingga Januari 2026. Ini tidak terlalu lama tetapi dalam kisaran harga ini, janji pembaruan itu sendiri jarang terjadi.

BACA JUGA:Hp Bekas Paling Sangar dan Sangat Layak Dibeli, Sudah Mengusung Teknologi Ai

BACA JUGA:Rekomendasi Hp 5G Terbaik di Kelas Flagship yang Sudah Mengalami Penurunan Harga, Cocok untuk Daily Driver

Meski dibanderol murah, Moto G04 memiliki layar sentuh 90 Hz yang bisa dioperasikan dengan lancar. Layar sentuhnya tetap sangat responsif hingga ke sudut dan tepinya.

Tombol volume fisik dan standby terletak di sisi kanan casing. Anda dapat merasakannya dengan mudah dan mereka memiliki titik tekanan yang jelas.

Sensor sidik jari juga terintegrasi ke dalam tombol standby, yang membuka kunci ponsel dengan cepat dan andal setelah sidik jari diingat.

Selain itu, hp ini dilengkapi fungsi pengenalan wajah yang juga berfungsi dengan baik dan cahaya yang berasal dari layar ponsel biasanya cukup untuk pengenalan bahkan dalam kegelapan.

BACA JUGA:5 Rekomendasi HP Apple Bekas yang Masih Layak Dimiliki, Modal 2 Jutaan Bisa Punya Ponsel Branded!

BACA JUGA:Poco M6 Pro, Hp Terbaru yang Dipersenjatai Chipset Helio G99 Ultra Cocok untuk Gen Z!

Motorola Moto G04 hanya dibekali satu kamera di bagian belakang. Ini adalah lensa 16 megapiksel. Foto yang dihasilkan sebenarnya cukup layak untuk kisaran harga ini.

Sebaliknya, dalam skenario cahaya redup, kelemahan lensa menjadi jelas: Ketajaman turun drastis dan Anda hampir tidak dapat mengidentifikasi apa pun di area foto yang lebih gelap. 

1080p dan 30 fps adalah fokus otomatis dan penyesuaian eksposur kamera bekerja sangat cepat dan secara keseluruhan, video terlihat cukup bagus untuk kisaran harga.

Ada kamera selfie 5 megapiksel di bagian depan ponsel. Foto yang diambil menggunakan lensa ini seringkali tampak sangat gelap, meskipun dalam kondisi pencahayaan yang baik.

BACA JUGA:Cek Harga Terbaru HP Samsung Galaxy S22 Ultra, Kualitas Kamera Utama 108 MP dengan Tampilan Layar Memukau

BACA JUGA:Harga Hp Oppo F 11 Pro Unit Batangan Bekas Mulus No Minus Hanya Sejutaan, Masih Layak Dibeli di Tahun 2024?

Saat diperbesar, ketajaman gambar secara umum bagus, namun transisi warna tampak cukup kasar dan tidak ada detail yang terlihat di area gelap.

Layar ponsel ini berdiameter 6,56 inci, menggunakan panel IPS dan memiliki resolusi 1.612 x 720 piksel. Hal ini cukup umum terjadi pada kisaran harga ini, namun layar tampak agak buram dibandingkan layar beresolusi lebih tinggi.

Motorola memilih SoC yang agak lambat, bahkan dalam kisaran harga yang sangat terjangkau, yaitu Unisoc T606.

Karena layar ponsel memiliki resolusi rendah, performa grafisnya selama pengujian di layar masih dapat digunakan, namun performanya selama benchmark browser menurun tajam.

BACA JUGA: HP Samsung dengan RAM 8GB, Cocok untuk Streaming Musik, Gaming dan Menyelesaikan Tugas

BACA JUGA:Eksplorasi Keunggulan dan Kekurangan HP Realme C35 dengan Tampilan Layar Memukau dan Baterai Super Jumbo!

Dalam penggunaan sehari-hari, ini berarti Kolektor sering kali harus mengalami kegagapan dan waktu tunggu yang lebih lama.

Di sisi lain, Motorola tidak malas dalam hal penyimpanan ponsel, memasang flash UFS 2.2 yang cepat dan juga digunakan di ponsel yang lebih mahal.

Speaker di tepi bawah harus berfungsi sendiri, sehingga hanya dapat menghasilkan suara mono. Cukup keras untuk memenuhi ruangan berukuran sedang, namun musik terdengar datar dan sangat treble-heavy.

Biasanya Kolektor akan mendapatkan suara yang lebih baik jika menyambungkan speaker atau headphone eksternal. Hal ini dapat dilakukan melalui jack 3,5 mm di tepi atas casing atau melalui Bluetooth.

BACA JUGA:Perbandingan Tecno Spark 20 Pro+ vs Infinix Note 40, HP Rp2 Jutaan dengan Fitur Edan

BACA JUGA:Motorola Razr Plus Vs Samsung Galaxy Z Flip 4, Hp Lipat Mana yang Paling Bagus!

Motorola Moto G04 mendapatkan kinerja rata-rata untuk kelas harganya dari baterai 5.000 mAh.

Pengisi daya disertakan dengan telepon tetapi hanya dapat memberikan daya maksimum 10 watt, sedangkan telepon secara eksplisit mendukung daya pengisian daya hingga 15 watt. Hal ini mengganggu dalam banyak hal: proses pengisian daya memakan waktu sekitar satu jam lebih lama dengan pengisi daya yang disertakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: