Dipastikan Maju Pilwako Palembang 2024, Begini Kriteria Calon Wawako yang Diharapkan Yudha Pratomo

Dipastikan Maju Pilwako Palembang 2024, Begini Kriteria Calon Wawako yang Diharapkan Yudha Pratomo

Dipastikan Maju Pilwako Palembang 2024, Begini Kriteria Calon Wawako yang Diharapkan Yudha Pratomo--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Ketua DPC Demokrat Kota Palembang  dipastikan maju (Pemilihan Umum Wali Kota) Kota Palembang 2024.

Yudha Pratomo dipastikan maju saat Partai Demokrat Kota Palembang menggelar Launching Pembukaan Penjaringan Bakal Calon (Balon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palembang pada Pilkada Palembang 2024 pada Senin 22 April 2024 lalu.

"Ya saya sebagai Ketua DPC Palembang dipastikan maju menjadi Bakal Calon Wali Kota Palembang dari Partai Demokrat, kini sedang menjaring calon Wawako-nya," ungkap Yudha Pratomo saat wancara eklusif kepada SUMEKS.CO di Masjid Agung Palembang pada Sabtu 27 April 2024.

Dijelaskan Yudha Pratomo, pendaftaran mandiri dimulai serentak di semua DPC dan DPD di Indonesia mulai 24 April 2024.

BACA JUGA:Sambut HUT Kemerdekaan RI, Yudha Pratomo Bagikan 7.800 Bendera Merah Putih

BACA JUGA:Yudha Pratomo Gantikan Harnojoyo

Proses penjaringan ini mengikuti arahan dari DPP Partai Demokrat, yang menunjuk Ketua DPC Demokrat Kota Palembang Yudha Pratomo Mahyudin sebagai calon potensial dari Demokrat untuk posisi Wali Kota pada Pilkada atau Pilwako Palembang 2024.

Dalam surat tugas yang dikeluarkan oleh DPP Partai Demokrat dan ditandatangani oleh Ketua Umum melalui Sekretaris Jenderal DPP Demokrat H Teuku Riefky Hasya, Yudha Pratomo ditugaskan untuk mencari figur atau sosok Wakil Wali Kota Palembang yang akan mendampinginya.


Ketua DPC Demokrat Kota Palembang Yudha Pratomo dipastikan maju (Pemilihan Umum Wali Kota) Kota Palembang 2024.--

"Jadi, peluncuran kami kemarin adalah membuka pendaftaran, tetapi jika ada yang mendaftar, kami akan menjelaskan bahwa DPC Demokrat Kota Palembang telah memiliki Calon Wali Kota. Ya, saya sendiri Yudha Pratomo Mahyudin (YPM). Jadi, peluncuran itu bertujuan untuk mencari figur yang berpotensi sebagai calon Wakil Wali Kota-nya saja," jelasnya.

Lanjut Yudha Pratomo menuturkan terdapat tiga agenda yang dilaksanakan pada penjaringan calon Wawako pada beberapa hari lalu.

BACA JUGA:DPC Demokrat OKI Buka Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Periode 2024-2029

BACA JUGA:30 Ribu Liter Air Bersih Setiap Hari, DPC Demokrat Prabumulih Bantu Warga yang Kekeringan

"Pertama, kami memberitahukan tentang surat tugas dari DPP kepada DPC Demokrat, yang menugaskan Yudha Pratomo Mahyudin untuk membentuk koalisi minimal 20 persen sebagai syarat untuk maju dalam Pilkada Kota Palembang. Untuk dapat diusung sebagai calon Wawako, minimal harus terkumpul 10 kursi. Sementara saat ini Partai Demokrat hanya meraih 6 kursi hasil Pemilu Legislatif 2024," terangnya.

Selain itu Yudha menyampaikan berdasarkan informasi yang diterimanya, untuk mengusung Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota, pastinya akan menggunakan hasil Pemilu Legislatif terbaru yang diadakan pada 14 Februari 2024.

"Namun, pembahasan terakhir akan menentukan penyusunan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) dan menerima penentuan jumlah kursi terakhir," sampainya.

Pastinya dalam hal ini, Yudha Pratomo diberi tugas untuk mencari sosok atau figur Wakil Wali Kota dari Partai Demokrat yang akan mendampinginya.

BACA JUGA:DPC Partai Demokrat OKI Buka Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati 2024-2029, Buruan Daftar!

BACA JUGA:Bappilu Demokrat Sumsel Bantah Soal Isu Cik Ujang Akan Dilengserkan dari Ketua DPD, Ini Fakta Sebenarnya!

"Saya pastikan bahwa nama yang disebutkan adalah Yudha Pratomo Mahyudin sebagai calon wali kota. Jika ada yang mendaftar, kami akan menjelaskan bahwa penjaringan ini bertujuan untuk mencari sosok calon Wakil Wali Kota," ungkapnya.

Masih dikatakan Yudha Pratomo, saat menggelar penjaringan kemarin juga melaporkan hasil survei terbaru dan koalisi partai politik yang telah diperoleh kepada DPP Partai Demokrat sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Selain itu, membentuk tim pemenangan mulai dari tingkat RT hingga tingkat yang lebih tinggi.

"Jadi, kita membentuk tim pemenangan agar Calon Wali Kota dan Calon Wakil Wali Kota yang diusung oleh Partai Demokrat dapat memenangkan pemilihan kepala daerah yang akan datang," tegasnya.

Lantas seperti apa kriteria Calon Wakil Wali Kota yang diharapkan Yudha Pratomo untuk mendampingi dirinya?

BACA JUGA:DPC Demokrat OKI Buka Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Periode 2024-2029

BACA JUGA:Sosok Caleg Partai Demokrat Anjas Bagaskara, Raih Kursi DPRD Ogan Ilir Dapil 2 Pemulutan

Menurut Yudha Pratomo, menjadi Calon Wakil Wali Kota yang terpenting harus memiliki kesamaan visi dan misi.

Juga bersama-sama bertekad kuat untuk memenangkan Pilkada 2024.

"Kriteria untuk Wakil Wali Kota Palembang adalah seseorang yang dapat mendampingi saya dalam memperbaiki kekacauan dalam pemerintahan dan politik. Bersama-sama, kami ingin memperbaiki sistem yang bermasalah, jadi yang kami cari adalah pendamping yang memiliki substansi tersebut. Saya berharap dapat menemukan orang-orang seperti itu yang dapat mendukung saya," harapnya.

Kendati itu, Yudha Pratomo menyebutkan sosok tersebut juga harus dapat saling berkontribusi dalam upaya memenuhi syarat pencalonan dan memenangkan Pilkada 2024.

BACA JUGA:Demokrat Raih 8 Kursi, Dapil Sumsel 3 Berhasil Menangkan 2 Kursi Sekaligus

BACA JUGA:Usai Deklarasi MAHAR Gerindra-Demokrat Antusias, Nasdem Tunggu Hasil Survei, Golkar Ambil Ancang-Ancang

"Saya tidak hanya berbicara tentang kontribusi logistik. Mungkin seseorang yang memiliki pengaruh sebagai tokoh dan pemimpin partai, dengan basis massa yang kuat. Mereka dapat mendukung untuk memastikan kesuksesan kami berdua," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: