Pj Sekda Palembang Tinjau Perbaikan Jalan Segaran yang Rusak Dampak Proyek IPAL, Ini Permintaannya

Pj Sekda Palembang Tinjau Perbaikan Jalan Segaran yang Rusak Dampak Proyek IPAL, Ini Permintaannya

Pj Sekda Palembang Tinjau Perbaikan Jalan Segaran Rusak Dampak Proyek IPAL, Minta Balai Prasarana Pemukiman Sumsel Perbaiki--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pemkot Palembang mengundang Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sumatera Selatan untuk melakukan pengecekan langsung terhadap kondisi jalan yang rusak karena proyek pembangunan IPAL sebelumnya.

Terdapat 17 titik ruas jalan yang rusak, dengan 15 di antaranya berada di dalam kota dan 2 sisanya merupakan jalan provinsi.

Pj Sekda Kota Palembang Gunawan menyatakan bahwa ia datang atas permintaan langsung dari Ratu Dewa untuk meninjau perbaikan sementara Jalan Segaran yang rusak karena proyek IPAL pada Selasa 23 April 2024.

"Jalan ini sudah rusak cukup lama dan akan menimbulkan masalah bagi masyarakat yang melintas di sini," kata Gunawan pada Selasa 23 April 2024.

BACA JUGA:Sambil Duduk di Genangan Jalan Berlubang, Pemuda ini Kritik Jalan Rusak Bekas IPAL Palembang

BACA JUGA:Jalan Rusak di Palembang Akibat Proyek Pembangunan IPAL, Simak Penjelasan Ratu Dewa

Lanjut Gunawan menuturkan sebelumnya Pemkot Palembang menganggap bahwa perbaikan ini akan dilakukan oleh pihak penyelenggara Waskita dan dipantau oleh Balai Prasarana Pemukiman. Namun, situasinya di lapangan ternyata tidak sesuai harapan.

"Kami di sini, bersama dengan PU Kota, mengundang pihak terkait untuk melihat langsung kondisi di lapangan. Pihak Waskita juga turut hadir, meskipun seharusnya ini menjadi tanggung jawab mereka. Karena kami berada di jalan-jalan kota, kami melakukan perbaikan awal menggunakan peralatan dan fasilitas yang tersedia di PU Kota," ungkap Gunawan.


Pemkot Palembang mengundang Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sumatera Selatan untuk melakukan pengecekan langsung terhadap kondisi jalan yang rusak karena proyek pembangunan IPAL sebelumnya.--

Gunawan juga mengajukan permintaan agar penyelenggara menyediakan agregat untuk membantu dalam perbaikan, sementara Pemkot Palembang akan tetap bekerja dengan peralatan yang tersedia.

"Sebelumnya, pembangunan IPAL sudah selesai, dan kami menunggu perbaikan jalan yang rusak, namun belum dilaksanakan. Inilah hasilnya. Kami akan terus mendorong penyelenggara untuk bersama-sama bertanggung jawab," ucapnya.

BACA JUGA:Saluran Limbah Lapas Perempuan Palembang segera terhubung dengan Sanitasi IPAL Palembang

BACA JUGA:Progres Sambungan IPAL Palembang 90 Persen, Pemkot Target 22 Ribu Sambungan Rumah

Kepala Balai Prasarana Pemukiman wilayah Sumsel, Miarka mengakui bahwa kerusakan jalan ini disebabkan oleh penggalian dalam proyek pembangunan IPAL.

"Ini adalah pekerjaan kami sebelumnya, dan kami bertanggung jawab untuk memperbaikinya dengan rapi. Tahap pertama perbaikan sudah dilakukan, tetapi tidak cukup kuat menahan erosi air, sehingga perlu pembentukan jalannya," katanya ketika diwawancarai saat meninjau lokasi perbaikan jalan.

Kendati itu, Miarka menyatakan komitmennya untuk melakukan perbaikan ruas jalan yang terdampak penggalian, sesuai dengan pendanaan yang tersedia.

"Meskipun masa pemeliharaan berlangsung hingga Desember, kami tidak akan menunggu hingga saat itu. Hari ini kami sudah menyediakan material untuk mengisi lubang agar tidak menjadi lebih dalam, dan nantinya akan dilakukan pengecoran dan pengaspalan. Waskita menyediakan material dukungan, sementara teman-teman dari PU Kota menyediakan alat angkut dan alat berat," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: