Sambil Duduk di Genangan Jalan Berlubang, Pemuda ini Kritik Jalan Rusak Bekas IPAL Palembang

Sambil Duduk di Genangan Jalan Berlubang, Pemuda ini Kritik Jalan Rusak Bekas IPAL Palembang

Sambil Duduk Diatas Genangan Jalan Berlubang, Pemuda ini Kritik Jalan Rusak Bekas IPAL Palembang--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Viral di Sosial Media (Sosmed), warga Palembang yang juga merupakan Tiktokers dengan akun @kemas_ryan menyuarakan keluhannya terhadap jalan rusak bekas galian IPAL.

Pemuda bernama Kemas Ryan tersebut tampak duduk di jalan rusak yang juga terdapat genangan air bekas galian Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang tak kunjung diperbaiki.

Penelusuran SUMEKS.CO pada Selasa 23 April 2024 siang. @kemas_ryan mengunggah videonya di tiktok tampak mengenakan jas namun tidak berbaju kaos, dilengkapi celana pendek.

Tampak duduk bersantai diatas jalan rusak bekas galian IPAL tersebut, @kemas_ryan memberi kritik kepada Pemerintah mengenai jalan yang tak diperbaiki, menggunakan bahasa Palembang.

BACA JUGA:Jalan Rusak di Palembang Akibat Proyek Pembangunan IPAL, Simak Penjelasan Ratu Dewa

BACA JUGA:Jaringan IPAL Tingkatkan Kualitas Kesehatan dan Lingkungan Lapas Perempuan Palembang

"Kepada Pemerintah yang terhormat jalan ni rusak galo wong nak lewat banyak nyampak. Kamu masang banner besak-besak sanggop polohan juta, beneri jalan dak pacak". katanya dalam video @kemas_ryan yang ditonton ratusan ribu viewers hingga saat ini.

Arti dalam bahasa Indonesia " Kepada pemerintah yang terhormat jalan ini rusak semua orang mau lewat banyak jatuh. Kamu (pemerintah) masang banner besar-besar sanggup puluhan juta, perbaiki jalan tidak bisa" (Red).


Viral di Sosial Media (Sosmed), warga Palembang yang juga merupakan Tiktokers dengan akun @kemas_ryan menyuarakan keluhannya terhadap jalan rusak bekas galian IPAL.--

Caption pada video tiktok @kemas_ryan : Jalan bekas galian ipal di depan kopi roda yang entah kapan diperbaiki semoga pemerintah cepat turun tangan.

Usai @kemas_ryan mengunggah video tersebut, banyak akun Sosmed mengunggah ulang (Repost) video tersebut.

BACA JUGA:Jaringan IPAL Tingkatkan Kualitas Kesehatan dan Lingkungan Lapas Perempuan Palembang

BACA JUGA:SABAR! PUPR Kota Palembang Janji Perbaikan Jalan Rusak Mulai Minggu Kedua Juni 2023

Mengenai jalan IPAL rusak di Kota Palembang, Pj Wali Kota Ratu Dewa telah memberikan penjelasan mengenai hal itu

Diberitakan sebelumnya. Titik jalan rusak banyak ditemukan usai proyek pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Kota Palembang.

Banyak warga dan pengguna jalan yang mengeluhkan kondisi tersebut. Hampir di tiap lokasi proyek pembangunan IPAL jalan ditemukan rusak..

Keberadaannya jalan rusak akibat proyek pembangunan IPAL seperti di Dempo, Pasar 16 Ilir, Pasar Kuto, dan sebagainya berlubang dan terkikis tidak rata. Sehingga menganggu pengguna jalan.

BACA JUGA:Ratu Dewa Turun Cek Jalan Rusak di Sako, Instruksikan Dinas PU PR Palembang Perbaiki Hari Ini

BACA JUGA:Sekda Palembang Patroli usai Tarawih, Lampu Jalan Rusak Langsung Diperbaiki

Bukan hanya pengendara kendaraan roda dua saja yang terganggu. Bahkan, pengguna kendaraan roda empat juga mengeluhkan keberadaan jalan tersebut.

Menanggapi hal itu, Pj Wali Kota Palembang Ratu Dewa memberikan penjelasan mengenai jalan rusak akibat proyek pembangunan IPAL.

"Sakin gregetnya saya, sudah ke lapangan dua sampai tiga kalai. Jadi ada pengaduan di seputar pembangunan IPAL. Tidak menjadi rahasia umum lagi, dan tidak dipungkiri jalan yang dibangun proyek IPAL kondisinya rusak," jelas Ratu Dewa dalam podcast.

Ratu Dewa menegaskan, pihaknya pernah beradu argumen dengan Kementerian PUPR yang membangun proyek IPAL tersebut.

BACA JUGA:Dinas PUPR Palembang Klaim Jalan Rusak Hanya 17 Persen

BACA JUGA:Jalan Rusak, Pengendara Jadi Korban

"Tolong kalian cek lapangan ajak pihak ketiganya. Saya sempat minta maaf dengan warga Palembang karena tinggal menikmati dengan kondisi yang rusak ini," tegasnya.

Lanjut Ratu Dewa, ia melakukan penampalan jalan ke dalam di sekitaran proyek pembangunan IPAL di berbagai titik.

"Bahkan yang sebenarnya tidak dilakukan. Saya lakukan penampalan jalan kedalam di sekitaran proyek seperti Jalan Dempo, Pasar 16, Pasar Kuto. Saya sempat lihat termasuk paritnya bagaimana," tuturnya.

Masih Ratu Dewa, akhirnya pihak Pemkot Palembang ada kompensasi.

BACA JUGA:Jalan Rusak Tergenang Air, Pengunjung Keluhkan Pengelola JSC

BACA JUGA:Jalan Rusak tak Kunjung Diperbaiki

"Memang kita mendapat penghargaan terkait ke jalan infrastruktur. Kita mendapat dana Rp30 miliar khusus untuk memperbaiki yang terkena IPAL mulai di dalam-dalan. Kalau tidak salah bulan depan sudah pengadaan," katanya.

Kendati itu, Ratu Dewa menyebutkan ia telah menekankan untuk fokus perbaikan IPAL.

"Saya telah tekankan betul untuk push perbaikan IPAL. Makanya dari bulan April sudah pengadaan, semuanya diperbaiki. Sebagai kompensasi tuntutan saya terhadap perbaikan," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: