AWAS! 5 Bahan Makanan Ini Ternyata Jika Dicuci Bisa Terkontaminasi Bakteri? Cek Kebenarannya Disini

AWAS! 5 Bahan Makanan Ini Ternyata Jika Dicuci Bisa Terkontaminasi Bakteri? Cek Kebenarannya Disini

Telur dinilai menjadi salah satu makanan yang tidak disarankan untuk di cuci karena air yang masuk dalam telur mentah bisa mengundang bakteri-alo dokter-

Mencuci daging mentah dapat meningkatkan risiko kontaminasi silang yang dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan seperti diare. 

Sebaiknya, lewati tahap mencuci daging mentah dan fokus pada membersihkan permukaan dapur agar bakteri tidak menempel pada makanan.

Untuk memastikan kebersihan daging mentah, berikut adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan yang dimulai dari membeli daging dari sumber yang terpercaya. 

BACA JUGA:Tips Aman dan Nyaman Jalani Ibadah Puasa untuk Ibu Hamil, Hindari 3 Jenis Makanan dan Minuman Ini

BACA JUGA:Menakjubkan! Ternyata Begini Manfaat Baby Oil Bagi Kecantikan Kulit, Simak Cara Pemakaiannya

Periksa tanggal kadaluwarsa dan kondisi daging sebelum membeli kemudian simpan daging mentah di dalam kulkas pada suhu yang tepat (biasanya di bawah 40°F atau 4°C). 

Jangan biarkan daging terlalu lama di luar suhu ruangan lalu simpan daging mentah terpisah dari bahan makanan lain di dalam kulkas. 

Gunakan wadah yang kedap udara untuk menghindari kontaminasi silang.

Sebelum dan setelah mengolah daging mentah, cuci tangan dengan sabun dan air hangat selama setidaknya 20 detik dimana meskipun terdengar kontradiktif, jangan mencuci daging mentah dengan air. Mencuci daging dapat menyebarkan bakteri ke permukaan dapur dan peralatan lainnya.

BACA JUGA:Catat Batas Aman Konsumsi Gula Harian, Buka Puasa Dengan Makanan Manis Jangan Kalap Ya!

BACA JUGA:Tidak Perlu Makan Banyak Saat Sahur, Ini Jenis Makanan yang Bikin Kenyang Tahan Lama Saat Puasa

Gunakan pisau, talenan, dan peralatan lain yang bersih dan kering untuk memotong dan menyiapkan daging mentah kemudian coba panggang dan masak dengan suhu aman misalnya, daging sapi harus mencapai minimal 145°F (63°C), sedangkan daging ayam harus mencapai minimal 165°F (74°C).

3. Ikan mentah

Alih -alih mencuci ikan, lebih baik membeli ikan yang telah dikupas dan dibersihkan oleh penjual ikan

Jangan lupa mencuci tangan dan membersihkan permukaan wastafel serta dapur untuk mencegah penyebaran bakteri karena sebenarnya Ikan mentah memerlukan perhatian khusus untuk memastikan kebersihannya sebelum dimasak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: