Apa Iya, Berkumur Dengan Air Garam Dapat Atasi Batuk di Tengah Pancaroba?

Apa Iya, Berkumur Dengan Air Garam Dapat Atasi Batuk di Tengah Pancaroba?

Pastikan madu yang kamu konsumsi adalah madu murni, bukan yang dicampur gula dan bisa mengonsumsinya langsung dengan air hangat atau mencampurkannya ke dalam teh hangat.

Selanjutnya dengan jahe karena mengandung gingerol, shogaol, dan paradol yang dapat mengurangi produksi lendir dan mengencerkannya. 

Minum air jahe merupakan cara efektif untuk mengatasi batuk berdahak terutama di tengah cuaca pancaroba.

BACA JUGA:6 Macam Jamur Bisa Dikonsumsi Miliki Rasa Enak dan Banyak Manfaat Bagi Kesehatan, Nomor 4 Bantu Cerahkan Wajah

BACA JUGA:Jaga Kesehatan WBP, Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Bagikan Peralatan Mandi

Selain cara diatas tentu dengan perbanyak istirahat dan cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih, teh hangat, atau air lemon hangat yang dicampur madu.

Selalu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum makan, setelah buang air kecil, dan setelah bersin. Ini membantu mencegah penyebaran kuman penyebab batuk dan pilek.

Tapi jika sudah terlanjut sakit karena cuaca yang tidak menentu ini sebaiknya hindari beberapa hal ini.

Rokok dapat memperparah iritasi tenggorokan dan mengganggu proses penyembuhan. Hindari merokok dan menghindari asap rokok dari orang lain.

BACA JUGA:8 Manfaat Kemukus Bagi Kesehatan Tubuh, Tanaman Rempah yang Pernah Berjaya

BACA JUGA:Tak Sekadar Peralatan Bersih, Higienisasi Dapur Lapas Jaga Kesehatan dan Keamanan WBP

Selanjutnya ada alkohol yang dinilai dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh dan mengurangi efektivitas sistem pertahanan tubuh terhadap infeksi. 

Sebaiknya hindari minuman beralkohol selama batuk berdahak.

Makanan pedas dan asam dapat memperburuk iritasi tenggorokan dan memicu batuk. Hindari makanan yang terlalu pedas atau asam.

Beberapa orang juga dapat mengalami peningkatan produksi lendir setelah mengonsumsi susu jadi hindari pengonsumsian susu selama batuk berdahak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: